nhk

MotoGP 2016 Motegi (Jelang FP3/FP4/Q2): Rossi Mau Perbaiki Set-Up M1 Pada Pengereman Keras

 

ManiakMotor –  Posisi Valentino Rossi di akhir sesi FP1 dan FP2 di sirkuit Motegi, Jepang, memang hanya ke-4 dan ke-7. Tapi kalau diamati untuk basis set-up menuju lomba, dia konsisten pada 1 menit 46 detik sekian-sekian di FP2. Sedang yang tercepat di FP2 dipegang Jorge Lorenzo yang juga pakai M1 adalah 1 menit 45.151 detik.

Pada Jumat 14 Oktober 2016 itu, Rossi juga sempat bikin 1 menit 45.685 detik. Dengan konstan 1:46 sesekali Rossi ke papan atas, bahkan sempat pertama atau kedua. Tapi di ujung sesi tersingkir dari tiga besar.

“Keadaannya campuran. Sesi pagi (FP1) cukup cepat. Tapi sorenya agak sulit menggunakan kompon keras, lantaran suhunya lebih dingin. Panas lintasan tidak seperti tahun lalu,” sebut Rossi yang di klasemen berada di posisi kedua dan tertinggal 52 angka dari Marc Marquez yang memimpin.

Namanya juga baru hari pertama. Lintasan belum ngecap oleh jejak ban para peserta. Terlalu dini untuk menentukan ban lomba, hehe. Dalam kondisi begitu tentu saja ban yang lembut yang bisa diandalkan, karena otomatis punya grip. Makanya di akhir sesi Rossi bisa 1:45 karena menggunakan ban soft.

Soal suhu lintasan yang kata Rossi riskan dan dia prediksi bikin bayak pembalap berjatuhan. Saat ditengok suhunya lintasan hanya 30oC. Tahun lalu di FP yang sama bisa mencapai 40oC. Itu juga yang menurut Rossi membuat Dani Pedrosa cilaka berat. Itu Pedrosa langsung diterbangkan ke Spanyol untuk operasi. Pedrosa pun nggak akan ikut Motegi dan seri selanjutnya di Australia.

Rossi sendiri sudah bicara pada perbaikan selanjunya. Terutama membangun set-up motornya. Katanya sih di sesi FP2 dengan ban keras set-up motornya nggak cocok. “Sulit melakukan pengereman keras. Pakai ban lembut juga belum maksumal walau catatan waktu agak membaik. Di situlah fokus perbaikan pada hari kedua,” sebut Rossi yang tenang-tenang wae.

Dia tenang lantaran konsisten tadi, seimbanglah dengan musuh. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Motegi, Jepang, Moto2, Moto3, 14 – 16 Oktober 2016

BAGIKAN