nhk

MotoGP 2016 Motegi (Pasca Race): Rossi Tak Tahu Bikin Dia Jatuh, Apaan Yang Salah?

Valentino Rossi jatuh di Motegi 2016

 

ManiakMotor – Double front row saat start, tapi double DNF di akhir lomba. Begitulah cerita sedih tim Movistar Yamaha di GP Motegi, 16 Oktober. Termasuk Valentino Rossi yang menyesali jatuhnya yang dianggap aneh, aneh, neh, neh. Tiba-tiba saja ngebul tuh debu gravel ditimpa motornya.

Start dengan status pole sitter,The Doctor yakin punya pace mumpuni dan bisa tarung berebut juara dalam 24 lap durasi balapan. Jadi, meskipun bisa ditekuk Marc Marquez sejak lap awal, ia sudah membaca situasi akan mampu bersaing  hingga garis akhir, terlebih setelah sukses dua kali menyalip MM sebelum disalip ulang.

Nahas, di lap 7 dan pada tikungan 10, M1The Doctor mendadak jatuh dan ndlosor ke gravel. Posisinya pun masih menyatu dengan motor saat digravel. Buktinya kakinya tertindih motor hingga butuh bantuan marshall. Roda depannya tampak terkunci.  “Logikanya, saya pasti bikin kesalahan saat itu.Tapi, sejujurnya saya tak merasa melenceng dari racing line, juga tak ambil pengereman terlalu dalam,” kilah Rossi yang sesampainya di paddock Yamaha masih tampak bingung pada apa yang terjadi.

Yamaha sendiri belum merilis faktor teknis apa yang membuat Rossi terjengkang. Apakah sebabnya teknis, atau karena Rossi sempat kelelahan dan sedikit pilek sebelum raceday. Ia sendiri mengaku sehat dan juga tak ada dampak luka akibat kecelakaan itu.

Musibah itu membuat peluang Rossi putus, tus,  di klasemen kejurdun. Tapi, bukan itu yang membuat kesal. “Saya dalam kondisi bagus. Kecepatan dan kenyamanan motor sangat memungkinkan bersaing melawan Marquez, tapi berakhir seperti ini. Itu yang menyedihkan,” sesal Rossi  yang dalam lap-lap sebelumnya tak merasa ada persoalan teknis di motor dan kemudian tiba-tiba jatuh.

Untungnya, kalau ini bisa dianggap sebagai keberuntungan, Lorenzo pun belakangan ikut jatuh. Itu artinya Rossi masih berada di urutan 2 klasemen dunia dengan keunggulan 14 poin dari JL. Tetap saja yang perlu dipertanyakan pada mekaniknya kenapa tiba-tiba kehilangan grip. Pasti ada sebab teknisnya. Andro