nhk

MotoGP 2016 Motegi (Pasca Race): Ternyata Honda ‘Tahu’ Marquez Jurdun di Motegi

Marquez Juara MotoGP 2016

 

ManiakMotor – Jangan pernah bilang mustahil maupun mustahal di kancah MotoGP sepanjang balapan belum benar-benar finish. Marc Marquez beri bukti barus saja di Twin Ring Motegi, dalam rangka ronde ke-15 MotoGP.

Pada Ahad 16 Oktober 2016 di Motegi itu, sejak  awal MM  bilang mustahil raih gelar 2016 dengan alasan bla…bla…blas eperti tulisan sebelumnya yang bejibun di portal ini. Begitu pun pendapat para analis MotoGP. Saat berada di starting grid, bahkan sampai beberapa lap awal, strategi yang disiapkan MM hanyalah menjaga jarak dengan Valentino Rossi.

Kalau bisa di depannya, kalau tak bisa jangan jauh di belakangnya.Yang penting aman di klasemen sampai seri terakhir. “Motor sangat nyaman dikendarai sejak sesi warm up. Tapi, saya tak ingin mengumbar kekuatan di lap-lap awal. Saya putuskan main 100% dan bertekad juara setelah tahu Valentino out. Saya sadar sekarang punya kesempatan dan fokus untuk hal itu. Saat Jorge juga jatuh, perasaan saya sangat senang dan mulai kendurkan speed menuju garis finish. Ini sungguh di luar perkiraan, amazing!” ujar MM yang mendapuk gelar jurdun kali ke-3 MotoGP setelah 2013 dan 2014.Gelar kelima di grand prix setelah GP 125 dan Moto2.

Meski omong begitu, sesungguhnya Honda sudah mempersiapkan situasi kalau MM akan mendapuk gelar 2016 di Motegi, di sela-sela perayaan 50 tahun Honda di kelas primer. Honda seolah ‘tahu’ kalau akan terjadi hari ini. Buktinya, mereka sudah siapkan pernak-pernik untuk meramaikan kehadiran MM usai finish. Sang adik, Alex Marquez, bahkan sudah mencegat MM di lintasan dengan kaos bernuansa World Champion. Kaos sama dikenakan seluruh awak Honda, termasuk bos besar Shuhei Nakamoto.

Yang mustahil kata MM, ternyata ia sendiri yang mampu mewujudkannya. Yang sekarang mustahil dan sangat mustahal adalah kesempatan Rossi dan Lorenzo mengganggunya di klasemen. Seri Philip Island, Sepang dan Valencia hanya tersisa untuk pertarungan VR dan JL berebutrunner up dan saat itu MM bisa main-main saaja di lintasan. Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

BAGIKAN