nhk

MotoGP 2016: Nih Pemain Satelit Terbaik Di Test Sepang, Bukan Ducati, Segera Ke Australia

ManiakMotor – Boleh saja Ducati lewat pemain Pramac dan Avintia pada akumulasi test Sepang, berada di posisi 2 – 3. Tapi di test Sepang lalu ada pemain satelit yang sebenarnya jauh dari konsisten dari satelit Ducati. Siapa lagi kalau bukan Cal Crutchlow dari LCR Honda. Hebatnya dia diberi tugas oleh HRC sama dengan pemain pabrikan untuk memberi masukan pada mesin baru sesuai rancangan ECU seragam 2016. 

Di kombinasi tiga hari memang hanya ke-6. Kalah dari dua setelit Ducati tadi. Tapi boleh perhatikan catatan rata-ratanya, jauh lebih bagus. Memang nggak ada simulasi balapan di test Sepang. Tapi setiap keluar pit line catatannya dekat-dekat dengan time yang membuatnya ke-6, artinya itu motornya nggak main paksa. “Terima kasih pada HRC yang memberikan mesin baru pada saya. Kemajuannya menggembirakan,” jelas Cal sembari tersenyum meninggalkan tes Sepang.

Boleh diperbandingkan dengan dua setelit Ducati di hari kedua, Petrucci  memang mencetak 2:00.095 yang membuatnya ke-1. Sedang Barbera  2:00.387 yang ke-3 dan Cal ke-5 dengan  2:00.899. Harap diingat, Petrucci dari 45 kali lap, tak sekali pun bisa mendekati catatan tercepatnya itu, bahkan tak pernah 2 menit 1 detik, kebanyakan 2 menit 2 detik ke atas. Sementara Barbera hanya sekali di bawah 2 menit 1 detik dan sekali 2;1. Keduanya belum bisa konstan.     

Si Cal di hari kedua itu, empat kali berlari 2 menit 1 detik atau mendekati catatan tercepatnya. Itu pun didapat sore hari. Sore hari kedua, pakai ban keras, kerana yang lembut ditarik Michelin akibat kecelakaan Loris Baz, teman setim Barbera. Padahal Petrucci dan Barbera pakai ban lembut saat dapat catatan terbaik mereka.

Apalagi hari ketiga yang semua peserta pakai hard tyre, dia menempel ketat pemain papan atas macam Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, Marc Marquez dan Cal sendiri. Maksudnya dia ke-4 dengan 2:00.992. Di hari ketiga itu pula ndak ada pemain satelit yang mampu berlari di bawah 2 menit 1 detik, orang Inggris itu doang.

Asal tahu saja, Cal termasuk diberi kepercayaan oleh HRC untuk memberikan masukan teknik pada mesin RC213V 2016. Mesinnya sama dengan yang dipakai Dani Pedrosa dan Marc Marquez. “Mesin baru ini hanya dipakai pada hari ketiga. HRC dengan murah hati memberikan ke LCR Honda. Kami memberikan infromasi penting pada HRC,” jelas Cal yang mengaku tak sabar mengetes di Philip Island, Australia pada 17 – 19 Februari  2016.

Ya tunggu saja. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Mimpi Lorenzo Asapi Rossi dan Marquez 1 Detik Lebih, Beda Sepang Dan Australia

MotoGP; Gratis Nonton Marquez Dan Pedrosa Di Sentul, 14 Februari Peluncuran RC213V 2016

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Puaskah Rossi Setelah Kalahkan Marquez Di Tes Sepang?

MotoGP 2016: Tekanan Ban Loris Baz Di Bawah Minimum, Keluar Aturan, Elektronik Nggak Bisa Dicolong

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Rossi Akui Lorenzo Kencang, Tapi Lihat Posisi Dong..!

BAGIKAN