nhk

MotoGP 2016: Optimisme Valentino Rossi, Kemenangan Ke-7 di Sepang

Valentino Rossi

ManiakMotor – Persoalan dan perjuangan keras Valentino Rossi di Philip Island membuahkan hasil positif. Terkendala sejak sesi latihan, sampai-sampai tercebur ke jurang Q1, pada akhirnya ia tebus dengan finish P2. Luarrrbiazzaaa!

Fakta itu yang membuat The Doctor sangat bergairahmasuk sirkuit Sepang pekan ini. Itu salah satu trek favoritnya yang menyuguhkan kombinasi karakter berbagai sirkuit dunia. Ada area  lambat, medium, dan high speed-nya plus suhu udara yang sangat panas membuat setingan motor menjadi sangat krusial.

Elmu nyeting motor inilah salah satu kelebihan The Doctor dengan yang lain. “Aku sangat suka Sepang. Tapi, jika kondisi motor dan fisik pembalap tak bagus, trek ini bakal sangat menyusahkan. Di Philip Island saya alami banyak kendala sejak awal, tapi di sini saya harap lancar sejak sesi awal dan kembali tarung ke zona podium,” kata Rossi.

Rossi adalah pembalap terbanyak memenangi GP Malaysia yang pindah dari sirkuit Shah Alam ke Sepang pada 1999. Saat itu Rossi masih main di kelas GP 250 dan finish ke-5. Masih kelas sama,tahun berikutnya ia jatuh dan DNF.

Begitu pun saat Il Dottore jalani debutnya di kelas primer pada musim 2000 bersama Repsol Honda,lagi-lagi Rossi terjengkang di Sepang. Barulah pada 2001 ia berjaya dengan dengan 11 kemenangan dari 17 seri balapan musim itu, termasuk kemenangan perdana kelas para raja di Sepang.

Sejak itulahkemudian Rossi dikenal sebagai ‘raja’ Sepang, baik kala panas maupun hujan. Ia toreh lagi kemenangan pada 2003, 2004, 2006, 2008 dan 2010. Dengan total 6 kemenangan, Rossi tercatat sebagai pembalap terbanyak menang di Sepang. Ia juga podium kedua pada 2002, 2005, 2014, serta ketiga musim 2009 dan 2015.

Sekarang Rossi membidikkemenangan ke-7 sekaligus menguburkan ambisi Jorge Lorenzo merebut posisi kedua klasemen di akhir musim. Tak mudah karena kekuatan tim kini lebih merata, buat Rossi yang sebentar lagi  38 tahun,justru itu yang jadi tantangan dan daya tarik tersendiri. Andro

 

BAGIKAN