nhk

MotoGP 2016 Pasca Tes Qatar: Lewat Simulasi, Rossi Ungkap Kinerja Elektronik Baru

 

ManiakMotor – Terungkap dari simulasi kinerja elekronik baru di  M1 Valentino Rossi. The Doctor melakukan 15 lap tanpa putus di hari terakhir tes Losail, Qatar pada Jumat 4 Maret 2016. Rossi langsung bicara beda elektronik lama dan versi seragam 2016. Katanya yang lama bekerja otomatis secara real time pada kontrol traksi dan anti spin.

Sedang elektronik seragam kudu banyak memainkan motor dan tubuh joki agar bisa konsisten sekaligus memanajemen kompon ban. Maksudnya loading eketronik baru agak lelet, hehe. Terasa bedanya setelah banyak lap. Sama dengan omongan teman setimnya Jorge Lorenzo, elektronik baru kuncinya irama pada throttle alias putaran gas. Pendeknya, pakai elektronik baru skill pembalap masih terpakai mengatur tenaga ke roda, nggak kudu ena’e wae seperti yang dulu.

Tapi Bagi Rossi itu menarik karena semua pembalap merasakannya hal yang sama. “Balap lebih sulit dan rapat. Sayang saya ada kecalakaan kecil di hari ketiga di tikungan yang sama seperti tes hari pertama,” jelas Rossi sembari  menunjuk para penantangnya yang juga meningkat macam Ducati, Honda dan Suzuki, tentu saja bersama Lorenzo yang gemilang di hari ketiga. Tapi dia menyambutnya ala petarung. Maksudnya makin banyak makin asyik, tinggal berstrategi saat race.

Mungkin karena elektronik itu saat simulasi 15 lap, Rossi ada tiga kali berlari di atas 2 menit. Selebihnya konstan pada 1’56 dan sekali melakukan catatan 1’55. Ada catatan 1’55 tiga kali beruntun yang dia lakukan, namun bukan dalam simulasi. Lalu salah satunya membuatnya tercepat ke-5 di hari terakhir dengan 1:55.429. Catatan ini juga menempatkan Rossi dari akumulasi tiga hari yang juga ke-5.

Rossi merasa puas dan alah memuji ban Michelin lantaran bisa dia pakai untuk slide berirama di dalam tikungan. Slide itu macam ban spin belakang tapi terukur yang boleh digunakan untuk mempercepat radius belok di tikungan. Tapi memang khusus ban depan menjadi stress saat dipakai lama. Ini pun sudah ditanggulangi Michelin yang rencananya akan mengeluarkan tipe terbaru saat lomba ronde pertama di Losail juga. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Pasca Tes Qatar: Lorenzo Simulasinya Paling Mulus, Sekali Saja Cetak 1’54

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-3 Ditutup, M1 Lorenzo Pakai Sayap, MM Dan Rossi Bersaing

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke3: 6 Jam Berlalu, Rossi Melonjak

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke3: 4 Jam Berlalu, Tetap Lorenzo, Vinales Merapat

 

BAGIKAN