nhk

MotoGP 2016 Pasca Tes Qatar: Lorenzo Simulasinya Paling Mulus, Sekali Saja Cetak 1’54

ManiakMotor – Benar kan, catatan lap ke-11 Jorge Lorenzo 1:54.810 hanya semata wayang yang membuat tercepat di hari ketiga tes. Itu satu-satunya catatan di bawah 1 menit 55 detik dari semua peserta.

Juga  tercepat dari akumulasi tiga hari test di Losail, Qatar yang berlangsung dari 2 – 4 Maret 2016. Ada sih catatan JL yang mendetaki pada lap 12 atau usai dia mencetak catatan fantastisnya, yaitu 1;55.058. Berarti masih sisa luncuran dari lap 11.

Kata Lorenzo ada ban soft depan yang membuatnya tercepat. Namun, Michelin akan mengubah komposisi ban saat lomba nanti. Tapi Lorenzo nggak khawatir karena dari simulasi 22 lap alias seolah-olah balap dia konsisten di 1’56. “Banyak lap-lap saya yang meningkat. Bahkan pada simulasi beberapa kali bikin 1’55. Padahal itu bukan dengan ban terbaik di roda depan, pakai ban keras,” jelas Lorenzo yang memang dari data paling mulus simulasinya.

Lorenzo memang sedang rajin-rajinnya cerita ban lantaran pas dengan M1-nya. Bahkan dia tahu, ban yang membuatnya tercepat akan diganti Michelin alias tidak tersedia ketika lomba di ronde pertama di Qatar 20 Maret mendatang. “Rencananya Michelin akan mengganti ban lembut jadi intermediate. Tapi bukan itu sebabnya saya tercepat. Motor memang kuat,” kata Lorenzo yang tak sebut-sebut epek sayap pada M1-nya.

Maksud dia M1-nya kuat, bagus dalam akselerasi, top speed, pengereman dan mulus di tikungan. Bahkan dia sudah tahu trik memainkan elektronik baru yang semuanya tergantung halusnya pergelangan memanajemen putaran mesin lewat selongsong gas, “Semua itu jadi satu kasesatuan dengan ban,” cuap Lorenzo yang tentu saja menyatakan siap bertarung di ronde pertama.

Itu tadi saat simulasi maupun uji coba biasa, dari data analis, Lorenzo tanpa tanding dalam konsisten. Di simulai 22 lap tersebut dia empat kali bikin 1’55. Lawan terdekatnya sulit dicari persamaannya karena nggak pada sakses rutin 22 lap sambung menyambung. Kecuali Valentino Rossi teman setimnya yang ikut mulus 22 lap. Yang lain, nanti tulisannya menyusul. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-3 Ditutup, M1 Lorenzo Pakai Sayap, MM Dan Rossi Bersaing

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke3: 6 Jam Berlalu, Rossi Melonjak

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke3: 4 Jam Berlalu, Tetap Lorenzo, Vinales Merapat

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke3: 3 Jam Berlalu, Lorenzo Mengganas Cetak 1:54, Rossi Malah Jauh

BAGIKAN