nhk

MotoGP 2016: Pesannya, Mengungkap Yamaha M1 2016 Rossi Dan Lorenzo

ManiakMotor – Mengungkap Yamaha M1 2016 Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Pesannya begitu dari MotoGP.Com soal M1 2016 yang akan diperkenalkan pada khalayak secara resmi sebentar lagi. Tepatnya pada 18 Januari di Barcelona, Spanyol. Layak ditunggu karena kedua M1 tahun lalu banyak mendulang point tim, konstruktor dan pembalapnya 1 – 2 di papan klasemen.

Apanya yang diungkap? Pasti yang jagoan MotoGP pada tahulah. Yang paling ditunggu grafis, motif, corak dan warna kebesaran Yamaha bersama sponsornya. Singkatnya disebut livery. Apakah masih dominasi warna Yamaha yang biru atau yang putih. Atau juga akan menonjolkan sponsor utama mereka Movistar? Ya belum tahu, belum kelihatan kok.

Cuma livery itu yang boleh dilihat langsung dan utuh dari struktur M1. Ya ada sih secuil fairing bodi yang berkaitan dengan aeoridinamisnya. Untuk mesin paling bisa dilihat lewat analisa dari desain knalpot. Pipa pelepas gas buang ini, komponen yang berkaitan dengan mesin.

Mesin M1 banyak berubah karena bawaan regulasi baru pada penyeragaman ECU. Macam mana tidak, ECU tersebut memiliki aturan bawaan lain. Misalnya penggunaan 7 mesin per musim dari 5 lima mesin tahun lalu. Kalau itu sih, nggak mungkin kelihatan kasat mata, karena lebih banyak pada komponen dalaman mesin yang ‘dilonggarkan’ daya tahannya .

Juga ECU seragam membawa jumlah besin yang berbeda. Bila tahun lalu pabrikan macam Yamaha dijatah 20 liter, tahun ini bisa 22 liter. Yakinlah akan dimanfaatkan insinyur mesinnya. Mereka bisa menambah tenaga dengan membesarkan saluran masuk dan buang pembakaran.

Di peluncuran nanti, apakah Yamaha Racing akan menggunakan tangki bahan bakar yang dirangkai sampai ke buntut M1, lalu pengisiannya juga dari belakang joki???? Pengisian dari belakang ini sudah diperlihatkan pada M1 yang dikebut tester Katsuyuki Nakasuga di Motegi Jepang ketika dapat wild card. Mudah-mudahan diperlihatkan juga.

Selebihnya hanya bisa diraba-raba, karena test pertama di Valencia pada November 2015, Lorenzo-Rossi hanya ke-5 dan ke-7. Walau saat itu belum jadi patokan sesungguhnya. Lagian test resmi kedua pramusim 2016 baru akan berlangsung 1 – 3 Februari di Sepang, Malaysia. Selanjutnya akan dibuktikan di lomba yang seri pertamanya di Qatar pada 20 Maret 2016. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Iannone Mau Belajar Dari Stoner, Cara Benar Bawa Ducati

MotoGP 2016: Rossi Berlatih Motocross Dengan Jumping-Jumping, Makin Asah Nyali

MotoGP 2016: Kepala Kru Lorenzo, Menyudutkan Rossi Soal Data M1

MotoGP: Valentino Rossi ‘Memperkenalkan’ Livery Dan ‘Spek’ Yamaha M1 2016

MotoGP 2016: Sirkuit Brno Perpanjang Kontrak MotoGP Hingga 2020     

BAGIKAN