nhk

MotoGP 2016 Philip Island Pasca Race: Crutchlow Menang Ketakutan, Belajar Kecelakaan Moto3

Crutchlow Juara MotoGP Australia

 

ManiakMotor – Cal Crutchlow sudah yakin seyakinnya punya motor kencang di GP Australia. Tapi, melihat banyaknya pembalap di Moto3 dan Moto2 bergelimpangan saat race membuatnya harus susun strategi ulang di garis start.

Berdampingan dengan Marc Marquez sebagi pole sitter, Cal tak bernafsu langsung pol-polan. Dia menunggu suhu ban menjadi alami dengan suhu lintasan. Ia kuntit saja Si Marquez. ”Dari situ saya tahu pace saya lebih bagus ketimbang Marquez. Kalaupun dia tidak jatuh saya yakin bisa mengalahkannya di akhir balapan. Beberapa kali juga ia bikin kesalahan kecil,” ujar Cal yang mengaku saat itu belum memecut  RC213V-nya sampai limit maksimal karena takut ban depan belum bersenyawa.

Rasa takutnya makin menjadi saat melihat persis proses jatuhnya Marquez di lap ke-10. Pasalnya, Cal memilih jenis kompon ban yang sama dengan rider pabrikan Honda itu. “Benar-benar takut hal sama terjadi pada motor saya, apalagi dua tahun lalu saya juga jatuh di tikungan sama,” lanjut Cal.

Rasa takut itu membuatnya ekstra waspada setiap kali menuju tikungan tersebut. Proses pengereman dilakukan dengan cermat, racing line jangan bergeser sikit pun, dan handling bodi tetap terukur. “Itu terjadi sampai akhir balapan, meskipun tahu Valentino (Rossi) sudah mendekat. Saya tak ingin gegabah di tikungan tersebut.”

Ia yakin jika tetap gaspol sebagaimana dilakukan Marquez, kemungkina besar ia juga akan klontang di tikungan sama dimana anak-anak Moto3 dan Moto2 juga banyak berjatuhan.  Dan, rasa takut itu juga yang menjadi kunci kemenangan Cal di Philip Island, kemenangan kedua musim ini setelah GP Brno.

Sebaliknya pada Marquez yang tak lagi punya rasa takut karena sudah jadi jurdun 2016. Gaspol terus dengan gagah berani yang ternyata melebihi batas dan klontang. Jadi benar kata Cal, ia selamat karena masih ada rasa takutnya. Andro

BAGIKAN