nhk

MotoGP 2016 Philip Island (Pasca Race): Sebab Rossi Tak Ngotot Kejar Crutchlow

Valentino Rossi Hebat Australia Race 2016

 

ManiakMotor – Start dari grid ke-15 dan finish P2. Itu sudah cukup jadi bukti Valentino ‘TheDoctor’ Rossi masih punya naluri bertarung, punya nyali dan dan punya skill. Hanya dalam 10 laps, ia tekuk 12 rider muda berkelas macam Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales. Rossi masih ada kok. Buktinya di Australia pada 23 Oktober 2016 itu kan.

Lantas, nape VR46 ogah kejar Cal Curtchlow yang tinggal selisih 2 detik di depan?  “Saat Marquez jatuh sebenarnya saya sempat berpikir bisa kalahkan Cal dan menjadi juara.Tapi, nyatanya Cal sangat cepat. Di sisi lain, ban saya sendiri sudah terkuras pada 10 laps pertama. Itu lap-lap yang sangat mengasyikkan dan saya menikmatinya.  Paroh kedua balapan justru lebih sulit dan tak bisa banyak bermanuver,” tutur The Doctor yang sejak sesi warm up sudah yakin bisa menikmati balapan karena perubahan cuaca dan ternyata setingan motornya lekas sesuai.

Benar Cal cepat. Saat bannya masih segar, Cal bisa bermain 1 menit 29 koma setengah. Di saat sama Rossi masih berusaha menyalip lawan-lawan di depannya. Itulah yang membuat ban Rossi cepat aus dibanding Cal. Cal kan sudah dapat ritmenya lantaran dia start dari grid 2 yang puncaknya dia mencetak fastest lap 1:29.494. Cal boleh menghemat ban ketimbang Rossi yang butuh akselerasi dadakan menyalip para musuh. Bayangkan saja dari grid 15 sampai kedua ada 10 pembalap yang ia lewati.

Finish runner up menurut Rossi sudah sangat ia syukuri, terlebih dengan berbagai problem yang dialami di GP Australia. Mulai dari penalti di FP1, masuk ‘jurang’ Q1 dan hasil QTTyang hanya menempatkannya di grid ke-15. Benar-benar buyuk.

“Suasana batin saya terasa bagus saat bangun pagi. Hasil apik di sesi pemanasan ikut meningkatkan semangat. Sangat penting meraih 20 poin ini, tambah keunggulan 10 angka atas Lorenzo,” kata Rossi seolah memanasi JL yang sebelum ini koar-koar akan mengalahkan Rossi.

Ayo perhatikan proses pertarungan10 laps awal oleh pembalap paling tua di MotoGP itu dan ternyata belum tua-tua amat:

Start: urutan 15

Lap 1: 13

Lap 2: 11  (menyalip Stefan Bradl dan Scott Redding)

Lap 3: 9 (menaylip Maverick Vinales dan Nicky Hayden)

Lap 4: 7 (menyalip Jack Miller dan Jorge Lorenzo)

Lap 5: 6  (menyusul Danilo Petrucci)

Lap 6: 6

Lap 7: 5 (nekuk Pol Espargaro)

Lap 8: 4 (nekuk Andrea Dovizioso)

Lap 9: 4

Lap 10: 2 (menyalip Aleix Espargaro dan pada lap itu pula Marquez jatuh di T4). Andro

BAGIKAN