nhk

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Dovizioso ‘Ajak’ Marquez Jatuh, Bukan Ranjau Rossi

 

 

 

ManiakMotor – Siapa saja boleh jadi pengamat soal jatuhnya Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. Ada yang berkelekar Valentino Rossi menyebar ranjau paku. Ada pula yang bilang di M1 Rossi ada ranjau oli sehingga Dovi dan Marquez jatuh dengan model yang sama dan juga bersamaan.

Sebenarnya yang jatuh duluan ke aspal Marquez, tapi yang lebih dulu terpeleset Dovizioso, silkan lihat foto di atas.  Dua-duanya kehilangan grip depan, bukan pada titik persis sama di tikungan 5. Berarti Marquez sedang ‘melamun’, hehe. Dia terbuai mengikuti alur membalap Dovi. Sampai kemiringan motornya dan gerakan badan menikung pun diikuti. Ada gerakan dari Dovi, Marquez juga memberi reflex. Latah? Itu sama saja Dovi mengajak Marquez jatuh. Itu hanya elmu kira-kira.

Ditelusuri dari omongan Dovizioso. Kata dia, jatuhnya bukan karena ranjau ditebar Rossi, ssssst… tapi kesalahannya sendiri. Dia tak memperhitungkan batas kemampuan ban menopang motor saat menikung.

“Saya lebih miring 2o. Itu sudah cukup bikin bagian depan makin ‘turun’. Ban depan sih oke dari sesi latihan sampai lomba. Tapi karakteristik ban Michelin nggak bisa bikin kesalahan. Banyak yang jatuh dengan model yang sama, termasuk saya dan Marc (Marquez) di Le Mans ini,” kata Dovi yang terhitung sudah tiga kali nggak finish dari lima seri lalu.

Marquez sendiri seperti membantah analisa dia refleks oleh gerakan Dovi. Katanya, jatuhnya Dovi dan dirinya adalah peristiwa sendiri-sendiri walau bersamaan. Marquez terpeleset karena akselerasi motornya yang kurang kuat. Untuk menutupinya, dia banyak mengulur waktu pengereman. “Karena itu, ban depan kehilangan grip. Akselerasi kalah, harus diakali dari point point pengereman. Tapi dengan Dovi nggak berkaitan. Malah saya baru sadar Dovi juga jatuh ketika di gravel,” kata Marquez yang akibat jatuh tersebut poinnya dilampaui Jorge Lorenzo.

Masih untung Marquez walau motornya sudah babak bundas eh belur masih bisa melajutkan lomba, ketimbang Dovi yang berhenti. Marquez finish ke-13 dari 13 pembalap yang bisa menyelesaikan lomba. Dia pun dapat poin 3. Lumayan dalam keadaan terjepit. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Rossi, Dari ‘Berantakan’, Dapat Poin 20 Sudah Cukup

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Di Sini Kuncian Menangnya Lorenzo

MotoGP Prancis 2016 Race: Lorenzo Balap Sendiri Di Depan, Rossi Ke-2, Vinales Ke-3

BAGIKAN