nhk

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Rossi, Dari ‘Berantakan’, Dapat Poin 20 Sudah Cukup

ManiakMotor – Kinerja Valentino Rossi di Le Mans yang sebenarnya spek juara. Ada datanya, dialah pemilik  fastest lap dan circuit record lap di GP Prancis pada Minggu 8 Mei tersebut. Berarti Rossi dan motornya nggak kalah dengan M1 Jorge Lorenzo yang juara. Itu M1 berhasil dibangun set-upnya untuk menyapu tikungan kencang bangat R1 yang di hari pertama dikeluhkan Rossi.

Sayang aje Rossi melakukan kesalahan dan berantakan di kualifikasi. Terhalang pembalap lain kan, salah satu salah strategi juga. Makanya dia start  ke-7 dan butuh kerja keras sampai ke posisi dua. “Cukup parah dan rumit perjuangan start dari baris ketiga. Untung punya kecepatan yang bisa diandalkan. Tinggal atur ketenangan agar jangan lakukan kesalahan. Dari grid ke-7 dapat 20 poin, sudah cukuplah,” kata Rossi yang tiga tahun berturut puas podium kedua di Le Mans.

Mustahil kejar Lorenzo yang sudah dapat ritmenya balap sendirian di depan sejak awal lomba. Sedang Rossi sudah banyak menghabiskan kompon karet rodanya  untuk mengejar motor-motor yang kencang semua. Pokonya yang di depan dia sebelum kedua itu, semuanya mereka yang mengalahkannya saat kualifikasi. Bahkan agak kelamaan mengatasi Pol Espargaro yang ndak mau dilewati Rossi begitu saja.

Rossi sudah menguras kecepatan motornya dan skill-nya. Bayangkan saja di lap 4 dia mencetak  fastest lap 1:33.239 yang saat ini tercatat di Le Mans. Sebagai gambaran, kedua yang fastest adalah Andrea Iannone dan ketiga Lorenzo sendiri. Tapi itu tadi, Rossi kelamaan bisa sampai posisi kedua alias baru lap ke-14 usai melewati Adrea Dovioso dan Marc Marquez, baru bisa di belakang Lorenzo.

Mengatasi Dovi dan Marquez saja telah memeras energy, untung masih ada yang diperas pada umurnya 37 tahun. Di saat sama Lorenzo sudah unggul lima detik. Konyol saja kalau Rossi mengejar dengan pace yang hampir sama. “Ya sudah, Le Mans sudah berlalu, harus berpikir pada lomba ke depan yang terdekat Mugello. Saya masih ke-3 di klasemen, tapi sudah dekat dan itu butuh konsentrasi,” kata Rossi yang teringgal 12 angka dari Lorenzo dan 7 angka dari Marquez.

Rossi juga mengingatkan, ke depan posisi sudah hampir rata. Juga masing-masing kandidat seperti dirinya, Lorenzo dan Marquez telah merasakan jatuh dan terbakar poinntya. Ito 

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Le Mans, Prancis, Moto2, Moto3 Semua Sesi 6, 7 – 8 Mei 2016

MotoGP 2016 Prancis 2016 (Pasca Race): Di Sini Kuncian Menangnya Lorenzo

MotoGP Prancis 2016 Race: Lorenzo Balap Sendiri Di Depan, Rossi Ke-2, Vinales Ke-3

MotoGP Prancis 2016 Warm Up: Giliran Iannone Rebut Sesi Pemanasan 

BAGIKAN