nhk

MotoGP 2016 Qatar (Jelang): Data Yamaha Dan Ducati Menjanjikan Di Losail

ManiakMotor – Para juara tahun lalu di Losail, Qatar memang belum bisa jadi patokan untuk tahun ini. Ya iyalah. Sama dengan 2014 yang juara tahun itu, kecuali Valentino Rossi yang naik podium 2015. Tahun lalu dan tahun ini, berbeda spek motornya. Jadi memang harus pakai teropong yang zoom-nya lebih besar.

Bukannya mengecilkan peran Honda di sirkuit Losail. Dari 11 kali MotoGP di Qatar memang mereka baru dua kali menang di sana. Itu pun lewat Casey Stoner 2011 dan Marc Marquez 2014 yang saat itu tampil tanpa beban. “Salah satu sirkuit yang sulit dalam kalender MotoGP adalah Losail ini,” kata Marquez pada hari kedua tes pramusim di tempat sama dua minggu lalu.

Hari kedua tes memang posisi Marquez kurang menguntungkan. Tapi hari ke-3 Marquez berbalik acungkan jempol. “Untung hari teakhir tes ada perubahan besar. Sempat khawatir akan posisi dari kecepatan motor,” tukas Marquez soal tes Qatar dan ke-4 dari akumulasi tiga hari. Itulah modal Marquez menuju ronde pertama di Losail. Itu masih ditambah dengan seting ini dan itu sejak sesi latihan menghadapi lomba minggu ini.

Berbeda dengan modal Yamaha. Dari data Losail, ini merek sudah enam kali juara. Empat kali dari Valentino Rossi dan dua kali lewat Jorge Lorenzo. Diperkuat lagi dari hasil tes dua minggu lalu, Lorenzo seperti kesetanan dengan M1-nya. Setiap kali bicara pun dua pembalap Movistar Yamaha selalu bilang, Yamaha bersahabat dengan Losail.

Kalau Rossi dalam 11 kali penampilannya di sana hanya empat kali nggak naik podium. Dua di antaranmya ketika di Ducati pada 2011 dan 2012. Lalu pada 2004 Rossi dapat hukuman dan ’08 hanya ke-5. “Tahun ini lomba akan berjalan menarik. Banyak yang cepat dilihat dari hasil tes pramusim di Losail,” jamin Rossi yang tahun lalu juara di Losail. Macam apa menariknya silakan nonton langsung.  

Ducati punya modal yang tak kalah cemerlang. Walau sebagian besar data Losail masih atas nama Stoner. Ingat, spek Ducati tahun lalu yang bisa kedua dan ketiga di Losail, nggak beda jauh dengan motor mereka tahun ini. Ducati 2015 berstatus Open Class memakai elektronik aturan 2016. Tahun lalu mereka juga bagus di tes bisa 1 – 2 saat lomba.

Nah bicara tes, tahun ini masukanya dua pembalap. Yakni Maverick Vinales (Suzuki) dan Scott Redding (Pramac Ducati). Apakah keduanya mengulang tes tahun lalu, lima besar di tes bisa lima besar juga saat lomba. Di situlah menariknya lomba tahun ini di Qatar, kandidatnya banyak. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Jelang Qatar; Kenali ‘Spek’ Sirkuit Losail, Buat Pegangan Menonton

MotoGP 2016 Losail (Jelang): Delapan Pembalap Akan Membentuk Rombongan Depan

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Ducati Jadi Kartu Tawar Lorenzo Di Yamaha

MotoGP 2016: Rossi Bilang Marquez Menipunya, Strategi Tekan Mental Jelang Qatar

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Pesan Rossi Sebelum Ke Losail, Balap Sampai 39 Tahun

BAGIKAN