nhk

MotoGP 2016 Qatar (Jelang FP2/FP3): Rossi Membela Set-Up M1-Nya Untuk Top Speed

ManiakMotor – Good job! Konstruksi dasar settingan M1 Valentino Rossi telah dipersiapkan lebih dulu menghadapi lomba di Losail, Qatar. Itu yang langsung diterapkan di free practice pertama (FP1) atau latihan bebas pertama pada Kamis 17 Maret di Qatar. Kelihatan dari data sih setelan M1-nya pada top speed.

Pondasi set-up ini didapat dari tes pramusim yang Rossi puja-puji. Dalam 17 lap melacak dan membangun set-up di FP1 mengantarnya posisi kedua. “Catatan 1’55 sekian-sekian yang memang diharapkan di FP1. Memulai pekerjaan pada motor sesuai data tes. Ini berarti dasar set-upnya cocok dan cukup puas posisi kedua,” tegas Rossi yang dalam 17 lap itu melakukan dua kali 1’55.

Catatan yang menempatkannya kedua 1’55.707 atau selisih dari Jorge Lorenzo yang pertama 0.267 detik. Yang menarik sama-sama M1 dengan rekan setimnya itu pada top speed. Rossi di FP1 ini kelihatannya membela trek lurus 1068 meter dengan mencuri kecepatan puncak. Rossi mencatat 338.4 km/jam atau ke-4 dari urutan pencetak top speed. Tiga di atasnya Ducati dan paling top Andrea Iannone dengan 346.9 km/jam.

Lalu bandingkan dengan Lorenzo yang 3.334.7 km/jam yang ke-9 dari urutan top speed.  Boleh dianalisa sama-sama M1 kelas satu, Rossi agak ‘mengorbankan’ tikungan. “Harus tetap fokus pada F2 dan FP3. Setiap sesi sirkuit akan berubah. Peningkatan selanjutnya soal balance motor untuk lebih percaya diri. Juga bisa menentukan tipe ban yang dipakai di lomba,” tambah Rossi soal pelacakan lanjutan pada FP2 dan FP3.

Dikatakan Rossi pada sirkuit yang setiap sesi barubah memang iya. Perubahannya pada grip ban yang sikit banyak juga menggeser setelan motor. Semakin banyak dilewati itu jalur, kian bersih. Apalagi di Losail yang biasanya di hari pertama partikel pasir halus masih dianggap menganggu senyawanya ban dan aspal. Tunggu saja setingan model apa yang akan dipilih Rossi, apakah masih top speed.

Sebab kalau digabungkan pengaruhnya pada  semua sector tercepat (best partial times) di data MotoGP.Com Rossi berada ketiga, di bawah Mavarick Vinales (Suzuki) dan Iannone di sector 1. Lorenzo sendiri hanya keempat. Rossi kencang di sector 2, 3 dan sector 4 hanya ke-5. Di sector 1 kurang, karena membela top speed tadi sehingga tikungan pertama kudu tekan rem banyak. Kira-kira begitu. Ito

BACA JUGA

 Hasil MotoGP Losail, Qatar, (Moto2, Moto3) Semua Sesi 17 – 20 Maret 2016

MotoGP 2016 Losail Qatar FP1: Latihan Bebas Pertama Milik Lorenzo Dan Rossi

MotoGP 2016 Losail Jelang FP1/P2: Menanti Ramalan Valentino Rossi

MotoGP 2016 Losail Qatar Jelang Race: Tunggu Vinales Lapar Podium Bersama Suzuki

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP1: Marquez Vs Rossi, Di Tengah Banyak Pembalap Kompetitif

 

BAGIKAN