nhk

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP2/Q2: Memang Harus Mereken Viñales

ManiakMotor – Hanya dengan memakai satu set ban keras, tapi berada ke-5 di FP1, maka wajib mereken  Maverick Viñales. Padahal lawan-lawan lainnya sudah menggunakan ban yang tingkatannya lebih lembut di sesi latihan bebas pertama pada Kamis 17 Maret di sirkuit Losail, Qatar.

Benar juga kata Valentino Rossi kudu waspada sepak terjang remaja yang jenenge Vinales itu. Ya, buktinya dengan ban keras di mana sirkuit belum terlalu dapat grip dia mencetak 1’55.847.  “Saya percaya diri dengan motor. FP1 cukup pakai ban keras untuk memverifikasi konsistensi setiap lap. Ban lunak disimpan untuk sesi berikutnya,” kata Vinales yang sudah menggunakan full seamless shift gearbox alias SSG yang aktif naik-turun gigi.

Sudah bisa dibayangkan kan terjangan Vinales selanjutnya. Pakai ban hard saja bisa acak-acak ke depan. Apalagi ban lunak yang gripnya lebih besar untuk bisa nekat lebih cepat lagi. Ban keras ini mungkin sengaja untuk mendeteksi nyalinya, selain kata Vinales untuk siap-siap lomba.

Tapi kata Vinels, ini baru awal untuk latihan. Maksudnya masih banyak sesi-sesi ke depan yang harus dilewati. Terutama lagi sesi pamungkas yang namanya race pada Minggu 20 Maret. “Jadi motor masih harus terus dikembangkan set-upnya. Saya juga sudah pakai full SSG,” pungkas Vinales.

Aleix Espargaro, teman setim Vinales juga tak bisa dianggap enteng. Dia ke-6 walau belum mencetak 1’55. Tapi itulah potensi Suzuki setelah hilang enam tahun lalu dan bangkit lagi sekarang di MotoGP. MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail, Qatar, (Moto2, Moto3) Semua Sesi 17 – 20 Maret 2016

 

MotoGP 2016 Qatar Jelang Race: Rossi Puji Vinales, Top Speed Ducati Jadi Masalah

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP2/FP3: Ducati Iannone Rajanya Top Speed Di FP1

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP2/FP3: Marquez Dan Pedrosa Butuh Perjuangan, Memang!

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP2/FP3: M1 Lorenzo Rata Semua Sector

BAGIKAN