nhk

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Marquez Belum Bisa Prediksi Ketahanan Ban Dan Perilaku Elektronik

ManiakMotor – Berdebar-debar sih tidak, cemas pasti ada atau ketar-ketir. Wah sama saja. Memang begitu menghadapi ronde pertama di Losail, Qatar pada 20 Maret 2016 nanti. Penyebab adalah aturan baru MotoGP 2016. Itu ban dan elektroniknya belum pernah dicoba di balap benaran.

Marc Marquez dari Repsol Honda Team yang bernyali besar itu, pun memperhitungan yang disebut di atas. “Seri pertama ini beberapa variabel yang belum sepenuhnya boleh diprediksi. Contoh pemakaian ban dalam jarak lomba. Lalu perilaku motor dengan elektronik baru,” kata Marquez yang mengaku baru menemukan motor yang nyaman di Losail saat tes hari terakhir dan itu modalnya ke Losail.

Jalan satu-satunya adalah menemukan motor yang punya grip bagus tanpa abrasi atau keausan ban yang cepat. Selanjutnya adalah set-up yang boleh menyalurkan power motor efesien di sirkuit. Dan hal itu akan kembali dilacak dalam sesi latihan bebas di Losail yang sudah mulai 17 Maret.  Ah kamu ngajari ikan berenang…

Menurut Marquez itu butuh kerja keras mengingat Qatar salah satu sirkuit antinya Honda. Lihat saja, dalam 11 kali penampilan di Losail, baru dua kali menang, salah satunya oleh Marquez pada 2014.  “Losail memang kurang menguntungkan. Tapi kami pernah podium dan mebang di sini. Harus berjuang untuk race-day,” tambah Marquez.

Seperti pembalap lain, Marquez menyambut antusias seri pertama. Maklum ada lima bulan nggak berkompetisi sodok-sodokan. Jadi sudah gatal walau pun masih belum bisa memprediksi lebih jauh. MM  

BACA JUGA

 MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Rossi Belum Tahu Bisa Juara Seperti 2015? Pasti Siap Tempur

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Ayo Pedrosa Jangan Kalah Sebelum Bertanding

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Lorenzo Busung Dada Datang Ke Losail

MotoGP 2016 Qatar (Jelang): Dovizioso Yakin Power Ducati ‘Lele’ Berkembang Di Losail

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Rabat Satu-Satunya Rookie Tahun Ini

BAGIKAN