nhk

MotoGP 2016 Qatar (Jelang Race): Rossi Puas Dapat 1’54 Baris Ke-2 Start, Omelin Lorenzo

ManiakMotor – Tiba juga Valentino Rossi dengan M1-nya mencetak 1’54, tepatnya 1’54.815. Itu di Q2 pada Sabtu 19 Maret 2016 di sirkuit Losail, Qatar. Hasil ini membuatnya ke-5 dan berada di grid baris kedua saat start Ahad pada 20 Maret di Qatar.

Kenapa catatan 1’54 jadi pembukan cerita? Ada alasannya dan jawabannya bro. Sejak tes pramusim di tempat sama dua minggu lalu, time itu tak pernah dilakukan Rossi. Bahkan ditambah dengan sesi latihan bebas menghadapi ronde pertama ini, Rossi tak pernah mencapainya.

Di FP3 saat lima pembalap mencetak 1’54, Rossi tidak termasuk di dalamnya. “Saya puas dengan catatan itu. Tinggal konsentrasi ke lomba,” kata Rossi yang terlihat kesal sekali dengan ulah Jorge Lorenzo di Q2. “Dia (Lorenzo) keluar dari pit tidak tengok-tengok, bahkan di tikungan pertama memperlambat motornya. Itu sangat menganggu laju saya,” kata Rossi yang nanti tulisan ini diulas sendiri karena katanya ada hubungan dengan kontrak, di mana Rossi sudah teken sementara Lorenzo ditawari Yamaha pun, belum. Walah lomba belum mulai, sudah ada bibit panasnya.

Kembali soal strategi Q2 menuju lomba. Walau kata Rossi masih bisa kencang lagi, namun Rossi menganggap itu sudah target maksimal. Ketimbang tahun lalu berangkat dari grid ke-8 tapi tetap saja juara. Kini berada di grid ke-5 dan tipis selisihnya dengan yang tercepat dipegang rekan setimnya Lorenzo, harusnya peluang terbuka. Selisih dengan Lorenzo adalah 0.272 detik di Q2 itu.

Apalagi tahun ini kudu bermain sabar mengendalikan motor. Gara-gara elektronik baru, kendali M1 butuh gerakan anatomi pembalap mengimbangi kinerjanya. Ditambah  feeling soal daya tahan ban yang belum teruji di lomba. “Masih ada hal kecil yang harus diperbaiki saat warm up. Singkatnya start ke-5 sangat ideal, dekat dengan catatan pole. Mari lihat lombanya yang saya pikir ada enam pembalap yang bisa saling dekat,” ajak Rossi yang masih cerita kontrak yang terjadi saat penjajakan di Qatar ini dan Yamaha bilang OK tanpa menunggu beberapa seri ke depan. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Qatar (Jelang Race): Rossi Kesal Ulah Lorenzo Di Q2, Jawaban JL Soal Kontrak, VR46 Udah Nggak Laku

Hasil MotoGP Losail, Qatar, (Moto2, Moto3) Semua Sesi 17 – 20 Maret 2016

MotoGP 2016 Qatar (Jelang Race): Pengalaman Vinales Akan Rawat Ban Saat Lomba

MotoGP 2016 Qatar (Q2): Kualifikasi Lorenzo Pole, Marquez, Vinales dan Rossi Ke-5

MotoGP 2016 Qatar: Rossi Membalap Sampai 39 Tahun, Sudah Teken Kontrak Dengan Yamaha Sampai 2018

MotoGP 2016 Qatar Jelang FP4/Q2: 5 Besar Empat Pabrikan, Di Dalamnya Ada Suzuki Vinales

 

 

BAGIKAN