nhk

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Rossi Belum Tahu Bisa Juara Seperti 2015? Pasti Siap Tempur

 

ManiakMotor – Parameter yang paling dekat memotret motor dan pembalapnya adalah tes pramusim 2016. Karena valid dan terup-date untuk bahan galian dengan aturan baru menuju ronde pertama MotoGP di Losail, Qatar pada 20 Maret 2016. Apalagi tes terakhir juga berlangsung di Losail.  Menggunakan gambaran tahun lalu aturannya berbeda dari ban dan elektroniknya.

Hal podo dipakai pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Dia berpatokan hasil tes pramusim telah banyak data yang dihimpun. “Akhirnya bicara tentang race! Saya sangat senang untuk itu, musim balap telah tiba. Hasil pengujian pasti positif, namun balapan hal yang berbeda. Yang jelas siap tempur dari segi motor dan saya sendiri,” kata Rossi dalam rilis timnya menuju Qatar yang minimum incar podium.

Pernyataan Rossi saat test lalu, dia mengamati ada banyak pembalap yang berpotensi di Losail. Mungkin – ini hanya mungkin – ada hubungan dengan itu, maka Rossi belum tahu apakah bisa mengulang juara juara seperti 2015. Bisa juga ada hubungan dengan target Rossi yang akan memerlakukan grand prix tahun ini lebih stabil dari awal seri sampa penutupan. Tidak seperti tahun lalu yang katanya mulus di awal-awal seri, tapi agak berantakan di ujungnya.

Tapi khusus di Losail dia punya modal hasil tes tadi. Tidak main-main dan memang bukan main di tiga tes dia melontarkan kata puas.  “Selama tes telah belajar banyak tentang ban baru dan elektronik. Akan tatapi menjadi tantangan juga menemukan dan menentukan tipe ban untuk lomba pada ronde pertama. Ini penting melihat potensi  motor dan pembalap,” tambah Rossi.

Nah ini dia yang disebut Rossi tes adalah tes dan balap adalah balap. Di balap jangan sembarangan menentukan set-up dan jangan keliru soal komposisi ban. Apalagi ban baru yang variabel durasinya belum terdeteksi benaran di balap. Kan belum pernah balapan. Pendeknya harus memanajemennya yang di Losail mengarungi  22 lap di lintasan sepanjang 5.4 km. Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Ayo Pedrosa Jangan Kalah Sebelum Bertanding

MotoGP 2016 Qatar (Jelang); Lorenzo Busung Dada Datang Ke Losail

MotoGP 2016 Qatar (Jelang): Dovizioso Yakin Power Ducati ‘Lele’ Berkembang Di Losail

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Rabat Satu-Satunya Rookie Tahun Ini

MotoGP 2016 Jelang Qatar: Valentino Rossi Sumbang Data Terbanyak  

BAGIKAN