nhk

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Keputusan Lorenzo Membawanya Juara

ManiakMotor – Mau soal ban atau pun tidak, Jorge Lorenzo dan M1-nya memang lebih siap. Sejak sesi tes di Losail, Qatar dua minggu lalu yang jadi sirkuit yang sama untuk seri 1 MotoGP 2016 pada Ahad 20 Maret, dia doang yang mencetak 1’54. Itu kembali dilakukannya ketika kabur dari tiga lawannya di akhir-akhir lap. Dia sendiri juga yang bikin time segitu atau 1’54.927 sebagai fastest lap saat lomba.

Ditambah pula keputusannya soal ban. Tadinya dia punya komposisi depan keras dan belakang medium. Tapi setengah jam sebelum balapan rodanya dipasangi karet soft. “Pakai yang lebih keras agak sulit lebih cepat. Keputusannya saat lomba pakai yang lembut,” papar Lorenzo yang ‘histeris’ saat juara.

Kelihatan di lomba sih, ban model lembut produk Michelin ini tahan dalam 22 lap mengitari Losail. Faktanya tiga lap sebelum finish Lorenzo mengatasi tekanan Andrea Dovizioso. Bahkan mampu membuat fastest lap. Di 7 lap akhir juga dari data kecepatannya justru bertambah. Di akhir lomba saat bannya disorot kamera, masih utuh belum dimakan panas.

Dengan keyakinan bannya tahan itu, Lorenzo berani menambah kecepatan di saat genting. “Konsentrasi penuh membawa motor dengan halus. Jangan sampai grogi ditekan Dovizioso. Akhirnya bisa memperlebar jarak di tiga lap akhir,” pungkas Lorenzo.

Kalau motor enak strategi apa saja bisa dilaksanakan sembari bertarung. Sehatnya M1 JL ini bukan hanya di lomba. Tapi sejak tes lalu ditambah dengan sesi-sesi latihan M1nya dengan enteng Samakin Di Depan. Bandingkan saja dengan Ducatinya Dovi yang baru di Lomba bangkit. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail, Qatar, (Moto2, Moto3) Semua Sesi 17 – 20 Maret 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Rossi Keliru Pilih Ban, Mesin M1?

MotoGP 2016 Qatar (Race): Lorenzo Juara, Disusul Dovi, MM dan Rossi

MotoGP 2016 Qatar Warm Up: Tercepat Marquez, Ditempel Vinales, Lorenzo dan Rossi

 

BAGIKAN