nhk

MotoGP 2016 Qatar Pasca Race: Rossi Keliru Pilih Ban, Mesin M1?

ManiakMotor – Ada dua pemandangan yang bikin Valentino Rossi tak berkutik dari tiga lawannya. Di race ronde pertama MotoGP 2016 itu, dia sama sekali tak melakukan penyeragan di saat genting. Gentingnya itu sejak 8 lap to go di saat tinggal empat pembalap di depan. Sebelumnya dia seperti pasrah dilewati Marc Marquez nggak berusaha menutup celah.

Pertama mesin kelihatannya kurang power. Atau memang salah pilih ban di sirkuit Losail, Qatar Ahad 20 Maret 2016 itu. Sebab dari tiga musuh di depan semuanya memilih ban lunak di belakang, dia sendiri yang mendium. “Memang fakta berada di rombongan depan, namun sesungguhnya saya tidak melakukan perang. Saya tak punya kecepatan maksimal untuk menyerang, jadinya gagal podium,” terang Rossi dengan jujurnya yang hanya ke-4.

Kalau dia cerita begitu artinya setelan tenaga M1-nya memang lemah. Ya lemah dibanding motor Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso dan Marc Marquez. Kan kata Rossi sendiri nggak punya kecepatan. Kelihatan juga Rossi dengan mudah mendekati lawan saat masuk tikungan. Tapi agak sulit buat dia keluar dari tikungan dan trek lurus. Reaksi cabut-cabut motornya kalah agresif dari tiga lawan. Sekali lagi, itu yang kelihatan saat lomba bro.  

Akselerasi ini sikit banyak juga ngaruh pada grip ban belakang sebagai penyalur tenaga.   Kebetulan juga Rossi menganalisa penggunaan ban. M1-nya  tampil di Losail ini depan pakai hard dan belakang medium tadi. Dia tak menyalahkan soal komposisi ban ini. Tapi melihat Lorenzo teman setimnya pakai hard depan dan  belakang soft atau sama dengan Marquez, lalu Dovizioso depan-belakang lunak punya tarikan lebih bagus dengan anteng menapaki racing line.

Apalagi bila dibandingkan sesama penunggang Yamaha M1 pabrikan. Itu Lorenzo sampai lap-lap terakhir masih rutin bikin fastest lap dengan 1’54 sekian-sekian. Harusnya aman pakai soft di roda belakang. “Bisa saja pilihan ban membuat perbedaan. Tapi nggak tahu kalau andai pakai soft, apakah bisa lebih cepat atau sebaliknya. Yang pasti ini lomba yang menarik. Dan motor saya kompetitif, kita tunggu seri berikutnya di Argentina,” pungkas Rossi.

Ya tunggu. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Losail, Qatar, (Moto2, Moto3) Semua Sesi 17 – 20 Maret 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

 

MotoGP 2016 Qatar (Race): Lorenzo Juara, Disusul Dovi, MM dan Rossi

MotoGP 2016 Qatar Warm Up: Tercepat Marquez, Ditempel Vinales, Lorenzo dan Rossi

MotoGP 2016 Qatar (Jelang Race): Dua Ducati Dua Andrea, Panaskan Podium Dengan Top Speed

 

BAGIKAN