nhk

MotoGP 2016: Rossi 15 Tahun Lebih Perkasa Dari Umurnya

 

ManiakMotor – Memimpin poin dari seri pertama di Qatar dan baru terlewati di seri akhir Valencia, itu luar biasa di umur 36 tahun. Tentu saja tujuannya Valentino Rossi yang mampu merawat pundinya sembari mendulang. Doski melawan anak muda yang lahir 10 – 15 tahun belakangan dari dirinya. Berarti, penampakan Rossi saat ini memang lebih muda 15 tahun dari umurnya. Tahun depan diprediksi juga begitu.

Itu kembali ditegaskan bos Yamaha Tech 3 sekaligus presiden IRTA, Herve Poncharal. Dia cerita banyaklah sepak terjang Rossi, namun selalu balik soal usia. “Saya ini hampir 60 tahun. Paling tidak pernah mersakan bagaimana saat umur 20 tahun, lalu ketika 30-35 tahun. Sangat berbeda setiap tingkatan umur. Yang dilakukan Valentino di umur 36, jujur saja sangat luar biasa. Musuhnya lebih muda 10 – 15 tahun darinya,” jelas Poncharal yang mantan joki juga, ya joki kuda besi.

Poncharal sebenarnya memberi pandangannya antara Rossi dan Jorge Lorenzo. Tapi kebanyakan omongannya sudah berulang-ulang diulas di portal ini. Misalnya Yamaha merebut kejuaraan tim, kosntruktor sampai pembalapnya, salah satu faktornya lantaran ada Lorenzo dan Rossi.

Jangan-jangan dia baca maniakmotor.com dulu, hehe becanda bro. Isi cerita Poncharal dari segi tertentu katanya Lorenzo memang cepat. Itu bisa dilihat dari pole position, fastest lap, dan sebagainya untuk ukuran kecepatan. Tapi pembalap cepat selalu akan menang. Di balik itu, Lorenzo punya kelemahan pada cuaca yang berubah-ubah.

Sementara Poncharal makin heran karena Rossi konsisten di semua keadaan. Reaksi, manuver, nyali dan sebagainya dibutuhkan balapan masih dimiliki Rossi. “Dari 18 seri, Valentino 15 kali podium. Valentino juga dapat point di semua seri. Ini kan luar biasa untuk seumur Rossi. Dia juga selalu mengambil risiko dalam setiap pertarungan,” tambah Poncharal yang sempat berpikir Rossi tidak akan berkembang ketika kecelakaan paling berat di Mugello pada 2010 dalam karirnya.

Tapi faktanya malah bangkit seperti perlawanan pada 2015. Semoga akan terjadi lagi pada 2016, agar MotoGP tak bikin ngantuk. Apalagi jika Rossi bisa melawan anak-anak muda, maka dia lebih muda 16 tahun lagi, karena tahun depan dia sudah 37 tahun, wah makin asyik tuh. Ito

BACA JUGA

MotoGP: Regulasi 2016, Mesin Beda Karakter, Ban Membengkak

MotoGP Jelang 2016: Rossi, EGP Dengan Marquez Dan Lorenzo, Lebih Penting ECU Dan Michelin

MotoGP 2016: Ditegaskan Kembali Aturan ECU Baru Untuk Pemerataan, Itu Kata Dorna

MotoGP: Honda Dan Yamaha Akan Sibuk Geser Tenaga Ke Atas 2016

MotoGP Jelang 2016: Seri Pertama Di Qatar, Honda Dan Yamaha ‘Pakai Motor Apa Adanya’

 

BAGIKAN