nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP1/2): Kesampingkan Rossi, Marquez Fokus ke Lorenzo

ManiakMotor – Sachsenring adalah sirkuit yang cepat membolak-balik motor. Wajar karena sirkuit yang dipakai ronde ke-9 MotoGP Jerman ini, tikungannya  saling berdekatan. Panjang sirkuit hanya 3.7 km dengan 13 tikungan. Jadi butuh motor yang mudah dibolak-balik. Dan sesuai data di Sachsenring itu milik Honda. Juga cocok dengan Marc Marquez yang bertipe energik. Jadi motor dan jokinya memang sepaket di Sachsenring.

Kalau masih sama-sama muda lawan Marquez di sini adalah Valentino Rossi. Silakan lihat masa lalu Rossi yang juara 4 kali di sini dan terakhir 2009. Makanya dengan kondisi Rossi muda kembali 2016 ini, Marquez menilai Rossi masih joki yang tangguh seperti omongannya jelang Sachsenring. Tapi orientasi itu berubah saat sampai di Jerman. Rossi yang ia reken mulai ia kesampingkan.

Kesan itu muncul dalam sesi jumpa pers wajib pada Kamis (14/7). Ia dengan tegas memperhitungkan Jorge Lorenzo sebagai lawan terberat perburuan gelar tahun ini. Tak lain karena JL yang punya poin terdekat dengan dirinya di klasemen,hanya terpaut 24 angka. Sementara Rossi sudah ditinggal dengan 42 poin.  “Sepertinya Jorge juga bakal lebih kuat pada paroh kedua nanti. Jadi, saat ini ia menjadi lawan paling tangguh dan saya harus fokus menghadapinya,” celoteh MM sembari lirik JL di sebelahnya.

Entah ngomong jujur atau bagian perang urat syarafnya untuk mengganggu mental tarung Rossi, ya MM sendirilah yang tahu.Yang jelas itu diucapkan saat VR46 tak ikut jumpa pers. Tapi, juga jelas, rider sekelas Rossi pastinya takmudah terpengaruh oleh ‘serangan’ macam begitu.

MM sendiri mengakui sama sekali tak menduga bisa melewati joki-joki M1 itu hingga paruh pertama kompetisi tahun ini. Itu mengingat performa RC213V-nya yang jeblok di seri-seri awal akibat belum sinkron dengan regulasi 2016. “Sedikit demi sedikit Honda bisa mengembangkan motor. Saya harap itu terus berlangsung hingga paroh kedua, terlebih dengan beberapa part baru yang akan kami uji,” tegas jurdun 2013 dan 2014 itu yang juga mengkhawatirkan hujan akan mengguyur Sachsenring pada raceday Minggu (17/7) nanti.

Kalau itu terjadi, maka Marquez sudah siap dengan strategi macam ia mainkan di Assen, yakni main aman. “Akan fight meraih kemenangan jika memungkinkan. Jika tidak, ya tidak akan ambil risiko. Yang paling penting adalah poin untuk bertahan di posisi teratas klasemen,” katanya.

 

Iya juga sih! Andro

BAGIKAN