nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): 6 Ducati di 10 Besar, Baru Kalahkan Hujan

ManiakMotor – Andrea Iannone from Ducati tampil tercepat kedua di sesi awal GP Jerman. Team mate-nya, Andrea Dovisiozo, di urutan 5. Hebatnya, 4 joki Ducati lainnya masuk di 10 Besar (Hector Barbera, Danilo Petrucci,Scott Redding, Yonny Hernandez). Jika sesi FP3 Sabtu (16/7) ini kembali hujan dan waktuFP2 yang jadi rujukan maka lebih separoh slot peserta Q2 milik Ducati. Mungkin ndak ya…hehehe….

Untuk sementara, Ducati memang ciamik, setidaknya mereka tampil di atas joki Honda dan Yamaha yang selama ini pukul-pukuli mereka di mana saja, termasuk Sachsenring. “Jujur saja, kami merasa surprise dengan hasil ini mengingat performa Ducati yang selama ini sulit di Sachsenring,” ujar Iannone yang memuji Michelin telah mengalokasikan ban yang sesuai dengan karakter Sachsenring. Yah wajarlah muji, karena berada di atas, coba kalau sebaliknya, salah satualasannya mungkin juga masalah ban.

Karena itu Iannone bilang  grip ban yang sangat kurang seperti dikeluhkan banyak pembalap, bukan karena karakter ban Michelin. Namun ada faktor lain, yakni suhu lintasan yang terlampau dingin. “Seperti yang lain, kami juga kekurangan grip. Ini masalah buat semua pembalap. Saya bersyukur, tim bisa menyeting motor untuk mengatasi problem tersebut,” lanjutnya.

Tapi, Iannone sadar, sukses saat ini barulah sekadar ‘mengalahkan’ lintasan dingin. Ia bisa cepat di trek macam itu seperti di FP1. Juga tak celaka seperti lainnya. Katanya sih sudah nyaman dengan setingan buat wet race nantinya (jika raceday berlangsung hujan). Masalahnya di trek kering macam di FP2, power DesmosediciGP16-nya masih kegedeaan r untuk melibas tikungan Sachsenring yang pendek-pendek. Jika speed ditambah, arah motor bisa keluar dari jalur. Tentu bahaya jika terjadi saat lomba sesungguhnya. “Kami masih harus susun set up yang paling mumpuni,” imbuhnya. 

Waktunya adalah sesi FP3 dan 4 yang ia harapkan kering dan panas. Lho, katanya sudah dapat setingan dingin! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Tercepat Sementara, Vinales Biasa Saja. Tahu Diri

MotoGP 2016 Jerman (Jelang FP3/FP4/Q2): Pedrosa Jago Sachsenring, Minta Ampun FP1 Dan FP2

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Motor Ke-2 Marquez Dipasangi Sasis Baru, Jajal Hari Ini

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Ini Sebab Rossi Terpuruk ke-14 FP2

BAGIKAN