nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Motor Ke-2 Marquez Dipasangi Sasis Baru, Jajal Hari Ini

ManiakMotor – HRC terus saja sodorkan sasis baru meski Marc Marquez sudah merasa mantap dengan versi 2014 yang digunakan lagi sejak seri Assen tahun lalu. Paada sesi FP3 atau FP4 hari ini, itu sasis bakal dites ulang oleh Dek Marquez. Mungkin saja Honda gengsi kalee, masak iya zaman sudah maju masih pakai sasis dua tahun lalu, hehe.

Sasis anyar itu sudah terpasang pada motor kedua MM dan siap mengaspal jika ada kesempatan uji coba di lintasan kering.  Ada sedikit pembaharuan yang kabarnya adalah pengembangan dari versi 2014 dan rangkanya sedikit lebih panjang. “Saya akan coba karena sasis ini beda dengan yang kami tes di Catalunya lalu. Sasaran utama adalah membuat motor lebih kencang di tikungan cepat. Pada sektor itu saya masih kalah dibandingkan pesaing,” sebut MM, merujuk performa M1 yang selama ini memang unggul di speedcorner.

Itu bagian dari program berikutnya menyongsong 9 seri paroh kedua kompetisi. Meski sekarang unggul 24 poin dari Jorge Lorenzo dan 42 angka dari Valentino Rossi, MM tetap merasa harus waswas dan waspada memasuki paroh kedua. “Ingat musim 2014? Sangat kuat di paroh pertama, saya crash dua kali beruntun (Misano dan Aragon) dan kehilangan 50 poin. Itu pelajaran penting dan harus diantisipasi,” ujar MM.

Langkah antisipasi itu dianggap penting karena musim ini, dengan elektronik dan ban baru, hasil balapan sangat sulit diprediksi. Belum lagi cuaca yang di beberapa sirkuit suka berubah-ubah, termasuk di Sachsenring saat ini. “Tapi, di satu sisi, itu jugalah serunya MotoGP saat ini. Apa saja bisa terjadi,” imbuh MM yang dari dua FP berlalu sudah menang telak dari dua joki Yamaha.

Tak masalah kalah kencang dari Maverick Vinales (Suzuki) dan Andrea Iannone (Ducati) karena mereka itu bukanlah pesaing di kejuaraan dunia. Prediksi cuaca menyebut raceday GP Jerman pada 17 Juli ini juga kemungkinan besar disiram hujan. Soal itu, MM pun ndak takut meski sesungguhnya lebih berharap lintasan kering. “Justru akan menarik,”  katanya lewat rilis Repsol Honda yang diterima portal ini.

Maksudnya apa ya? Ah, maksudnya mungkin karena ia lebih siap di lintasan basah ketimbang VR dan JL seperti situasi FP1 dan FP2! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Ini Sebab Rossi Terpuruk ke-14 FP2

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3 : Lorenzo Keluhkan Yamaha M1 Tidak Kompetitif di Semua Tikungan

MotoGP Sachsenring 2016 FP2: Tercepat Vinales, Ke-2 Iannone, 3 Marquez, Yamaha Di Luar 10 Besar

MotoGP Sachsenring 2016 FP1: Iannone Tecepat, Maruez Ke-2, Rossi 4, Lorenzo Jatuh

BAGIKAN