nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Tercepat Sementara, Vinales Biasa Saja. Tahu Diri

ManiakMotor – Rider muda Suzuki, Maverick Vinales, kembali bikin kejutan. Sementara jadi pembalap tercepat di GP Jerman setelah cetak waktu 1:22,161. Hebatnya, fastest lap itu ia bikin setelah terjengkang di tikungan 11, tikungan paling seyem di antara 13 tikungan Sachsenring. Ya memang sih nggak ditulis AWAS BERBAHAYA SERING JATUH KORBAN.

Meski bisa kangkangi para pembalap senior, tak ada jaminan Vinales bisa tetap teratas pada sesi FP dan QTT pada Sabtu (16/7) ini. Ia sendiri ogah berpikir sejauh itu alias tahu diri pada kemampuan motor. Yang panting baginya belajar dari dua sesi terdahulu dan berusaha tingkatkan performa di sesi-sesi selanjutnya. Ia kerja keras untuk siapkan motor ke raceday, baik hujan maupun tidak nantinya.

Sementara ini, katanya, set up GSX-RR sudah cukup stabil dan nyaman dikendarai. Modifikasinya cocok dengan karakter Sachsenring. “Orientasi tim memang membuat motor yang lincah dan itu tercapai. Stabilitasnya juga oke. Tapi, memang tak mudah, karena meningkat di salah satu aspek maka ada aspek lain yang menjadi korban,” ucap pendamping Valentino Rossi musim 2017 itu.

Meraih kelincahan dan stabilitas itu, ia harus korbankan speed yang tentunya juga menjadi faktor. Buktinya, top speed Vinales hanyalah 289,1 km/jamp. Bandingkan dengan Andrea Iannone (Ducati) yang urutan kedua tapi dengan top speed 296,9 km/jam. So, jelas sekali perbandingannya, Vinales lebih suka unggul tikungan untuk raih waktu terbaik.

Sebagai rider muda, Vinales juga ingin selalu belajar dari kesalahan. Kasus kecelakaan sebelumnya, misalnya, tak membuatnya malah takut macam pembalap senior yang sampeyan tahulah namanya. Ia kembali ke paddock, ia cermati lagi data saat kecelakaan terjadi. “Saya ingin tahu sebabnya. Apakah pilihan racing line yang melebar, konsistensi kecepatan dibandingkan lap sebelumnya, atau apa dan saat ini tak bisa saya jelaskan,” katanya. 

Dan, setelah belajar itulah ia kemudian mencetak best lap-nya. Salut! Calon juara dunia 2017 nih, kan sudah pakai M1, hehe. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP 2016 Jerman (Jelang FP3/FP4/Q2): Pedrosa Jago Sachsenring, Minta Ampun FP1 Dan FP2

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang FP3/Q2): Motor Ke-2 Marquez Dipasangi Sasis Baru, Jajal Hari Ini

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Ini Sebab Rossi Terpuruk ke-14 FP2

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang FP3 : Lorenzo Keluhkan Yamaha M1 Tidak Kompetitif di Semua Tikungan

BAGIKAN