nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang Race): Horor Buat Lorenzo, Ban Yang Disalahkan

 

ManiakMotor – Ada pepatah Indonesia yang bilang tak pandai menari lantai terjungkat. Kira-kira macam itulah situasi Jorge Lorenzo di GP Jerman, dari sesi latihan sampai Q2. Dan, untuk kali pertama, masuk Q2 pun harus  muter lewat Q1. Kebetulan lenggak-lenggok Sachsenring butuh tarian khusus.

Horor buat JL, karena harus melewati tiga kali kecelakaan. Di tiga tikungan berbeda (T11, T8, dan T1) dengan sebab-musabab yang berbeda pula. Angan-angan raih kemenangan perdana di Sachsenring pun makin jauh, terlebih start dari urutan 11. Hanya ada dua mental bisa bakit atau makin terpuruk  race.

Wajar kalau JL males les…les…diajak ngomong soal prediksi juara dan calon lawan ke podium. Lain soal saat ditanya penyebab begitu banyak problem yang dihadapinya, doski masih punya semangat. “Ada beberapa jalur dan titik pengereman yang tahun sebelumnya sama sekali tak bermasalah dengan Bridgestone. Tapi, dengan Michelin, hal sama tak bisa dilakukan,” ucap Lorenzo dengan wajah dan jalan terpincang-pincang sembari meringis. Maklum tiga kali jatuh bro.

Lorenzo telah berusaha beradaptasi dengan mengubah sikit-sikit gaya balapnya, tapi ternyata malah membuatnya tak percaya diri. Dia ragu-ragu memberi power pada motornya yang malah membuatnya tanggung menikung dan akhirnya jatuh.

Penjelasannya Lorenzo panjang, tapi intinya JL mengeluhkan performa Michelin selaku pemasok ban tunggal mulai tahun ini. Tiga kecelakaan itu sangat erat kaitannya dengan spesifikasi ban.

Ia lanjutken… memang terkendala sejak Michelin jadi ban MotoGP dan sampai saat ini belum dapat solusi terbaik untuk memperlakukan ban. Ya utamanya ban depan yang nggak bisa memegang wilayah muka saat dapat dorongan maksimal. Hal itu membuatnya lebih banyak harus berhati-hati ketimbang ngotot menambah kecepatan yang malah bikin ragu-ragu.

Kalau prinsip sudah harus berhat-hati dalam arti ogah ambil resiko, tentu sulitlah mengunggulkan JL finish podium dari urutan start ke-11. Apalagi dalam situasi tak normal, normal saja seperti Sabtu doski kesusahan! Tapi, seperti sering juga ia ucapkan, apa saja bisa terjadi! Ya sudah, yang terjadi…terjadilah! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang Race): Ngarep.com Pada Motor Tua Barbera

MotoGP Jerman 2016 Jelang Race: Rossi Mengakali M1 Cepat Di Tikugan Sempit Sachsenring

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Marquez Tetap Menghitung Pedrosa Dan Rossi

BAGIKAN