nhk

MotoGP 2016 Sachsenring (Jelang Race): Ngarep.com Pada Motor Tua Barbera

ManiakMotor – Biasanya nih, yang namanya Ducati selalu kewalahan di Sachsenring. Dari zaman dulu. Trek pendek itu sama sekali tak bersahabat dengan Desmosedici yang powernya gede. Kegedean power di situ, tenaganya belum sampai sudah harus menikung.

Beda dengan tahun ini. Sejak sesi latihan bebas …yang namanya doang bebas karena gak boleh suka-suka… gerombolan Ducati bisa unjuk gigi. Tak hanya joki pabrikan, tapi juga tim satelitnya. Starting grid pada raceday Minggu (17/7) ini, misalnya, ada 4 Ducati di grup 10 Besar. Salah satunya adalah Hector Barbera di P2, dia akan satart diapit dua nama keren Marc Marquez dan Valentino Rossi.

Jelas bukan kebetulan semata lantaran anak-anak Ducati memang lagi apik di Sachsenring kali ini. Ban depan berkompon lunak pasokan Michelin salah satu kuncinya. Ban lunak itu masih terlalu keras buat Yamaha, tapi tidak bagi Desmosedici atau setidaknya ban itu bisa mereka seting lebih mantap. Contohnya ya Barbera itu, anak tim Avintia Racing berbekal ‘motor tua’ Desmosedici GP14. Ini starting grid terbaiknya sejak main di kelas primer pada 2010 dan menempel 0.412 detik si Marquez. Gile benar…

Rider Spanyol mendapati setingan motornya nurut di sesi Q2, tapi sama sekali tak menduga bisa meraih front row. Terlebih motornya lebih tua dibandingkan besutan tim pabrikan maupun tim satelit Pramac Ducati. “Motor saya berumur dua tahun, tapi tim bisa membuat perbedaan. Saya senang sudah bisa menunjukkan hasil ini buat kru yang bekerja keras,” ujar Barbara yang sudah menganggap juara saat ke-2 di Q2.

Barbera nggak mau tahu soal posisi di balap nanti. Ya dia tahu dirilah. Dia tak terlalu ngarep.com, hehe finish podium. Sudah banyak contoh, Ducati selalu kuat di single lap, lantas babak belur setelah lewat 15 lap saat balapan. “Saya sama sekali tak bisa bikin target, tergantung juga kondisi besok hujan atau tidak. Yang jelas, saya akan lakukan yang terbaik yang mampu dilakukan. Itu saja,” tegasnya. 

Ya, itu saja, jadi memang teorinya tak pantas ngarep podium buat Barbera meski start bareng Marquez dan Rossi! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Moto2, Moto3 Semua Sesi 15 – 17 Juli 2016

MotoGP Jerman 2016 Jelang Race: Rossi Mengakali M1 Cepat Di Tikugan Sempit Sachsenring

MotoGP Sachsenring 2016 Jelang Race: Marquez Tetap Menghitung Pedrosa Dan Rossi

MotoGP Sachsenring 2016 Q2: Marquez Pole, Rossi Front Row, Lorenzo 3 Kali Jatuh

BAGIKAN