nhk

MotoGP 2016: Sayap Dilarang, Ini Kemungkinan Akal-Akalan Tim Pabrikan

Motogp, Valencia, Rossi, Tes
Perhatikan Fairing M1 Rossi lebih gelembung

ManiakMotor – Musim balap motogp 2017, motor balap tidak diperbolehkan pakai sayap alias dilarang. Tapi, pada tes dim sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, dua hari (15-16/11), tampak pada Ducati Desmosedici GP17, Yamaha M1 2017, dan Honda RC213V masih pakai, kecuali Suzuki GSX-RR.

MotoGP, Valencia, tes, fairing
Gigi Dall’lgna berbicara soal sayap sama Dovi, Stoner dan Cal

Ducati sebagai pelopor pemakaian sayap, selama tes nanti, motor-motor mereka tetap mengenakan sayap. Keperluannya, untuk membandingkan perubahan sasis. Tapi, Cal Crutchlow yang mantan pembalap Ducati mencium ada kepentingan lain.

“Mungkin mereka (Ducati) menyimpan sayap untuk beberapa alasan,” sindir Cal. Bisa saja, lanjutnya, tahun depan mereka dapat menggunakannya. Atau mungkin, Ducati mampu membangun fairing yang lebih lebar. “Aku tahun cara mereka bekerja, mereka sangat pintar,” sebut Cal.

Pelarangan sayap ini baru hanya buat referensi ke perangkat aerodinamis yang tidak

MotoGP, Valencia, Tes, sayap, fairing, rossi
Fairing Yamaha M1 lebih gambot, sementara Ducati lebih ramping kalo sayap dicopot

terintegrasi. Makanya, Ducati kemungkinan akan menyimpang sayapnya di dalam fairing. Konsekuensinya tampilan fairing akan lebih besar.

FIM sudah mengantisipasi akan akal-akalan tim. Agar tampilan depan fairing tidak menyerupai sayap sudah dihadag dengan regulasi. bagian depan fairing tidak bisa menonjol lebih dari 150 mm di atas garis vertikal. Hitungannya ditarik dari roda spindle depan.

Nah, ketika tes kamarin M1 2017 sudah dibalut fairing yang sangat istimewa. Ini diungkapkan oleh Herve Poncharal, bos tim Monster Yamaha Tech 3. “Saya tahu bahwa setelah larangan sayap, ada beberapa spekulasi dan ketakutan dari direktur teknis bahwa tim bisa bermain dengan beberapa fairing. Dan saya memberi tahu Anda, Yamaha ke sini (Valencia) dengan membawa fairing khusus,” sebut Hereve. Rezki

BAGIKAN