nhk

MotoGP 2016: Serangan Phil Read Soal Mafia Spanyol, Ditanggapi Dorna

ManiakMotor – Dorna Sport angkat bicara. Tidak sekadar menangkis omongan, tapi sekalian dengan tindakan, agar MotoGP tak disebut telah dikuasai mafia Spanyol. Kan Dorna asalnya dari Spanyol. Makanya, bos Dorna menepis tudingan itu dengan langkah tak mau ikut campur dalam pengambilan keputusan seperti kasus antara Marc Marquez vs Valentino Rossi.  

Tudingan Mafia Spanyol ini disuarakan Phil Read, pembalap dari Inggris era 70-an. Katanya kasus Marquez vs Rossi pengadilannya berat sebelah. Panitia MotoGP cenderung membela pembalap Spanyol, karena mereka sudah menguasai sendi-sendi MotoGP. Omongan Read ini didukung legenda lain Wayne Gardner yang bilang sanksi pada Rossi juga meragukan. Sebab Marquez juga punya kesalahan karena memiringkan motor ke arah Rossi.

Maka dari itu, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta mengajukan proposal struktur baru ke Grand Prix Commission dan menyetujuinya. Dorna atau promotor ogah menjadi bagian badan yang memberi sanksi. “Caranya tidak akan menjadi bagian dari badan tersebut. Sebab ada yang menuduh kami bertindak berdasarkan kepentingan sendiri,” kata Ezpeleta di harian Marca di Spanyol sembari berbisik tak mau rumit lagi dengan urusan macam ini.

Seperti diketahui, dari tata cara lomba MotoGP dan turunannya, Dorna jadi anggota Race Direction (RD) selain FIM dan IRTA. Merekalah yang memberi sanksi pada Rossi ketika insiden Sepang. Dorna diwakili Xavier Alonso selama ini pada badan yang mengawasi jalannya lomba MotoGP. RD sebagai pengadil langsung di lapangan.

Intinya, Ezpeleta masih menangkis Dorna tidak terlibat, apalagi membela pembalap Spanyol. Bahkan dia katanya, walau bukan tugasnya berusaha mendamaikan Marquez dan Rossi. Ezpeleta berbicara dari hati ke hati di antara kedua pembalap beda generasi itu, namun podo banter di atas motor. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2016: Valentino Rossi Di Bali Luncurkan Yamaha MT15, Sport 150 cc Suspensi Up Side Down

MotoGP: 2016 Rossi Tertua Di Grid, Miller Termuda, Spanyol 9 Pembalap, Italia Hanya 4

Sirkuit Pesaing Sentul Untuk MotoGP 2017 Telah dibangun

MotoGP 2016: Rossi Nongol Di Indonesia, See You Soon in Bali..!

MotoGP: FIM Larang Keras Merilis Data Telemetri Honda Antara Bentrokan Rossi-Marquez

 

BAGIKAN