nhk

MotoGP 2016: Stoner Ajak Ducati Pakai Rangka Karbon, Itu Yang Terbaik Katanya

 

ManiakMotor –  Apa maksud Casey Stoner mengungkit kembali rangka serat karbon pada Ducati Desmosedici. Katanya motor 2009 itu terbaik dari yang pernah ada. Frame itu  pergunakan sebelum dia pindah ke Honda 2010. Katanya saat itu mestinya dia sangat potensial, sayang banyak masalah. Salah satunya soal penyakit aneh yang membuatnya tigas seri absen.

Bisa jadi ingin  mengajak para insinyur Ducati pimpinan Gigi Dall’Igna untuk kembali ke karbon. Kan saat ini menggunakan sasis aluminium twin spar, kecuali swing arm  ayun tetap mengayunkan roda dengan karbon. Soal mengajak atau tidak ini, itu sesuai tugas Stoner disuruh test dan dimintai masukannya. Wajar dong dia punya gagasan.

Apa begitu maksudnya? “Pakai frame karbon 2009, saya yakin itu motor terbaik di grid start. Sayangnya saya tidak bisa menyelesaikan musim itu dengan tuntas,” jelas Stoner yang justru juara dunia 2007 dengan sasis Ducati model tubular. Tapi tahun itu sebelum dia sakit, memang dengan mudah juara. Apalagi setelah sembuh hampir juara tiga seri beruntun di akhir musim. Sayang doski kencelakaan di warm up Valencia sehingga nggak ikut lomba.  

Ilmu kira-kiranya, Stoner telah membandingkan dengan Ducati GP15 yang dites di Sepang pada 2 – 3 Februari 2016. Boleh diraba dari omongannya. “Itu rangka karbon saat saya tinggalkan belum semuanya dikembangkan, potensinya masih sangat besar,” tambah Stoner yang sampai saat ini belum menyatakan akan ikut balapan bersama Ducati walau hasil testnya menjajikan di Sepang.

Sasis Ducati berubah setelah dimasuki Valentino Rossi, sudah aluminium murni. Itu yang dilanjutkan Gigi pengembangannya. “Ya sasis almu yang paling aman saat ini untuk Ducati. Itu tugas kami mengembangkannya. Sejujurnya juga sulit dibandingkan dengan kapasitas saat itu 800 cc dan 1000 cc saat ini dengan ban Michelin,” pungkas Stoner.        

Sasis karbon itu hanya Stoner yang bisa menekuk-nekuknya. Faktanya diganti kan. Wah nanti akan ada versi karbon khusus Stoner. Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2016: Nih Pemain Satelit Terbaik Di Test Sepang, Bukan Ducati, Segera Ke Australia

MotoGP 2016: Mimpi Lorenzo Asapi Rossi dan Marquez 1 Detik Lebih, Beda Sepang Dan Australia

MotoGP; Gratis Nonton Marquez Dan Pedrosa Di Sentul, 14 Februari Peluncuran RC213V 2016

MotoGP 2016 Jelang Test Philip Island: Puaskah Rossi Setelah Kalahkan Marquez Di Tes Sepang?

MotoGP 2016: Tekanan Ban Loris Baz Di Bawah Minimum, Keluar Aturan, Elektronik Nggak Bisa Dicolong

BAGIKAN