nhk

MotoGP 2016: Stoner Dilepas Honda, Sudah Lebih Lambat 1 Detik Dari Pembalap Pabrik

 

 

ManiakMotor – Masih ingat ketika Casey Stoner menawarkan diri mengganti Dani Pedrosa yang istirahat cidera? Dari seri Amerika dan Argentina 2015 itu, Stoner ingin sekali berlaga. Tapi Honda dengan halus menolaknya. “Kelas Casey itu bukan sekadar balap. Dia harus berebut juara, di situlah tempatnya  sebenarnya,” kata Livio Suppo, bos Repsol Honda Team.

Artinya, kemampuan Stoner ketika Pedrosa cidera itu nggak mencukupi. Ini masih diperkuat lagi yang lebih bos di HRC, yakni Shuhei Nakamoto. Nakamoto memang tidak bicara terang-terangan.  Bahwa Stoner sudah lebih lambat antara 1 – 1,5 detik dari pembalap pabrik. Kalau sebut pembalap pabrik hanya ada Marc Marquez, Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Menurut cerita, data ini diambil dari setiap kali Stoner melakukan test yang dilakukan HRC. Setiap kali test tersebut rata-rata kecepatan Stoner sudah melambat. Maklum, Stoner ada tiga tahun tidak berkompetisi.

Namun data HRC ini boleh dipertanyakan. Sebab, test sendirian berbeda dengan testing rame-rame, apalagi sedang balapan. Kan kalau sendiri, racing line tidak bakal ngegrip dan bersih karena kurangnya roda peserta membersihkannya. Lagian roda peserta juga meninggalkan serbuk kompon. Kalau ramai-ramai sisa-sisa ausnya kompon ban peserta yang makin menambah senyawanya ban dan lintasan.    

Bisa jadi, data itu juga yang tidak bikin Ducati sangat ngotot agar Stoner langsung balapan full series setelah dikontrak ulang Ducati untuk 2016. Tetapi jabatannya sama dengan di Honda sebagai tester. “Tergantung Casey saat testing apakah dia langsung menguasai motornya,” kata CEO Ducati yang bernama Claudio Domenicali dan pentinggi Ducati lain hampir sama suaranya. 

Walau begitu, Stoner tetap legenda hidup Ducati dengan juara dunianya 2007. Stoner juga berulang-ulang juara seri dengan mudahnya.  Tapi itu tadi, umur 30 tahun saat balik kembali ke Ducati juga sebagai pertimbangan. Paling tidak, masukan Stoner untuk Ducati yang paling berharga saat ini. Di saat sama tentu Stoner harus membuktikan dia tak selambat cerita di atas. Ito

BACA JUGA

MotoGP: Kalender 2016 Menghapus Sirkuit Kesukaan Honda Dan Pembalapnya

MotoGP 2016: Bos Yamaha Belum Percaya Kecepatan Ducati Dan Suzuki

MotoGP 2016: Soal Tampang, Dovizioso Nggak Kalah Dengan Bintang Film Amrik Ini

MotoGP: Di Ujung Tahun 2015, Rossi Tertinggi Urusan Sosmed

MotoGP: Sekadar Mengingatkan Inilah Nama-Nama Joki MotoGP 2016, Ada 22 Grid

 

BAGIKAN