nhk

MotoGP 2016: Suzuki Sudah Pasang Full SSG, Makin Kencang Dong

 

 

ManiakMotor – Sekali pusingan untuk meningkatkan kecepatan pengaruhnya sikit. Tetapi saat melakukan perubahan reduksi saban waktu dalam lap yang banyak, pengaruh luar biasa. Saat upshift  alias naik gigi, traksi roda asyik bepegangan dengan aspal. Saat downshift atau turun gigi bersamaan dengan pengereman, mulus and stabil masuk tikungan.

Itu yang diceritakan Nobuatsu Aoki, tester Suzuki soal SSG (seamless shift gearbox) di Suzuki. Kalau dia cerita downshift, sama artinya SSG yang komplet alias turun naik gigi aktif. Sayang Oaki tidak menyebut SSG komplet, tapi dari ceritanya begitu adanya. “Jujur saja SSG ini baru kali ini saya rasakan. Ini temuan besar setelah kontrol traksi. Naik GSX RR ini seperti memainkan PlayStation,” sebut Oaki yang sebenarnya cerita sasis dan mesin versi baru, namun lebih banyak puja-puji SSG.

Suzuki memang pengguna terakhir SSG  di jajaran kontestan MotoGP. Aprilia  saja sudah menggunakannya sejak tampil di Migello 2015. Makanya Aoki yang mantan joki dari era kelas capung, GP500 sampai MotoGP itu, terkaget-kaget, lantaran di masanya SSG belum ada.

Sekadar info saja, SSG ini seperti matik yang bedanya masih ada persneling di sana. Setiap ganti gigi tidak terjadi perpotongan rasio gigi akibat dari jumlah gigi yang berbeda. Karena gigi pada main shaft dan counter shaft terus beputar. Misal dari gigi 1 ke gigi 2, tidak ada jeda atau tenaga terputus saat gigi diumpan. Gigi dua langsung terima sembari bergasing terus dengan teknologi konstruksi yang canggih. Kira-kira begitu. Makanya disebut mulus perpindahannya.

SSG Suzuki ini sudah ditest Maverick Vinales di Sepang saat test pribadi pada akhir November kemarin. Aleix Espargaro sendiri yang teman setim Vinales belum sempat mencobanya lantaran saat sama lagi cidera. Saat itu pun Vinales belum cerita banyak soal SSG Suzuki.

Sekarang diceritakan oleh Aoki dengan gamblang. Kata dia biasanya ada gejala motor tertahan ketika ganti gigi. “Yang ini tidak sama sekali. Motor terus meluncur tanpa memutus akselerasi. Saya yakin Maverick dan Aleix akan menyenangi motor baru Suzuki ini,” yakin Aoki.

 

Pastilah yang paling senang Vinales. Macam mana saat testing resmi di Valencia tanpa SSG saja sudah tempel-tempel Honda RC213V Marc Marquez. Bagamana pula nanti sudah pakai SSG. Nah nantinya lihat ke depan. Ya paling dekat saat test resmi pramusim di Sepang pada awal Februari 2016. Ito

BACA JUGA

MotoGP: Waspada Pada Scott Redding Di Ducati GP15, Ancaman Nyata Rossi Dan Marquez 2016

MotoGP 2016: Rossi 15 Tahun Lebih Perkasa Dari Umurnya

MotoGP: Regulasi 2016, Mesin Beda Karakter, Ban Membengkak

MotoGP Jelang 2016: Rossi, EGP Dengan Marquez Dan Lorenzo, Lebih Penting ECU Dan Michelin

MotoGP 2016: Ditegaskan Kembali Aturan ECU Baru Untuk Pemerataan, Itu Kata Dorna

BAGIKAN