nhk

MotoGP 2016: Tahun Depan Pemakaian Sayap Dilarang, Kacian Lorenzo Dong!

ManiakMotor – Mantan pembalap Ducati Casey Stoner telah memperingati Jorge Lorenzo bahwa membesut Ducati Desmosedici tidak gampang. Ini bukan mau menakut-nakuti ato menggertak, lo. Tapi, bener lantaran musim balap tahun depan motornya tidak boleh lagi menggunakan sayap (wings). Ya, termasuk Yamaha dan Honda juga. Kacian deh lo Lorenzo.

Kenapa dilarang, ya? Padahal, fungsi saya itu tidak mendongkrak tenaga dan juga akselerasi. Perannya, lebih membuat stabil pada roda depan. Lebih tepatnya,  mengurangi roda depan terangkat (wheelie) tenaga mesin dibuka. Dan Ducati sebagai pelopor pengguna sayap.

Dalam rapat antara Komisi Grand Prix di FIM dengan pabrikan sepeda motor (Motor Sport Manufaturer Association= MSMA), Dorna, dan IRTA (International Racing Team Association) di Assen (Sabtu, 25/6) mengalami jalan buntu alias tidak kesepakatan bulat boleh atau tidak. dari seluruh peserta rapat, ada yang setuju dilarang dan ada yang tidak.

Sudah bisa ditebaklah, siapa yang menentang pemakaian sayap. Siapa lagi kalo bukan Ducati yang didukung oleh Yamaha. Ducati ngotot dengan alasan, sayap itu tidak membahayakan. Soal ukuran, bentuk, lokasi dan lainnya sudah diskusi sama MSMA. Memang, Ducati paling agresif pemakaian sayap dan hasilnya tampak sekali sudah jarang, baik Andrea Iannone mapun Dovizioso tidak lagi terangkat roda depan motor mereka.

Pertimbangan lain dari larangan itu, ditakutkan kelas-kelas di bawahnya seperti Moto3 dan Moto2 akan ikut memakai. Padahal, kedua kelas itu sudah dilarang juga. Kemudian, kubu lain yang tidak sepaham sama Ducati dan Yamaha, pemakaian sayap itu membengkakkan biaya. Tapi, argumentasi itu langsung dibantah Ducati yang mulai pakai sayap pada 2015 dan kini berada digaris paling depan untuk teknologi itu. Ya, masih ada 10 seri lah memanfaatkan peran sayap.

Wah…wah, kasian deh Lorenzo. Mau gak mau ia harus mengubah gaya balapnya yang punya style parabolic di tikungan. Rezki 

BACA JUGA 

MotoGP Assen 2016 Pasca Race: Lorenzo Menyindir Rossi Soal Point 

MotoGP Assen 2016 Jelang FP3/FP4/Q2: Waduh Rossi Tolak Pakai Sasis Baru, Padahal Cepat 

MotoGP 2016 Assen (Pasca Race): Miller Menang, Nasibnya di Honda Sama Saja 

MotoGP Assen 2016 Race: Hujan Deras Lomba Sempat Dihentikan, Jack Miller Juara, Marquez Ke-2, Rossi Jatuh

BAGIKAN