nhk

MotoGP 2016 Tanpa Stoner Di Tes Australia Ducati Keteter, GP16 Dovi Masih Getaaaarrrr…!

 

ManiakMotor – Bisa jadi tanpa Casey Stoner para serdadu Ducati ndak bisa berbuat banyak di test Oztrali. Padahal Stoner ini sudah khatam dengan sirkuit Philip Island di negaranya, dia nggak pernah kalah di sana saat pakai Ducati dan Honda sampai dia menyatakan pension. Sayang Stoner nggak dihadirkan dalam test tersebut.

Hitungannya Ducati Racing Team yang dibela Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso. Memang keduanya memuji-muji test mereka selama tiga hari di Oztrali, itu wajib. “Ngak tercepat, tapi di Philip Island sudah dekat-dekat dengan yang tercepat. Paling penting lagi konsisten,” kata dua Andrea yang  hampir seragam jawabannya.

Dari akumulasi di Australia keduanya nyaris di luar 10 besar. Untung Dovi bisa ke-10 dan Iannone ke-12. Sudah tiga kali test duet Italia ini masih sering kalah dari tim satelit Ducati yang menggunakan Ducati GP15. Iya sih, GP15 ini tinggal menyesuaikan dengan ban Minchelin, lantaran tahun lalu motor ini sudah beradaptasi duluan dengan elektronik Magneti Marelli yang jadi peraturan sekarang.

Sedang dua Andrea pakai motor rancangan 2016. Dilacak lebih dalam, Dovizisio masih mengeluh di dalam tikungan. Katanya kalau rpm di angkat di area itu, motornya masih bergetar dari wilayah paling depan (front end). “Getaran ini memang menyulitkan menjaga kecepatan di dalam tikungan. Itu sudah ada solusi dengan mengatur ulang keseimbang motor. Makanya saya mendapatkan konsistennya. Itu kemajuannya dibanding tes Sepang,” tambah Dovi yang terlihat tenang karena katanya masih ada tes Qatar yang sekalian menyetel untuk lomba di tempat sama dan berharap punya gebrakan seperti tahun lalu dia kedua.     

Ducati digadang-gadang tahun ini langsung bisa menyesuaikan dengan aturan baru 2016. Mereka telah pakai duluan ECU seragam. Ternyata belakangan bukan elektroniknya yang jadi persoalan tapi menyetel dengan ban Michelin.Ya macam getaran dari front-end itu  yang ditambah Michelin punya grip berbeda satu sama lainnya pada motor Dovi. “Soal grip ban yang berbeda, memang ada. Khusus saya masalahnya pada sasis,” timpal Iannone yang juga berjanji dapat kemajuan pesat di test Qatar.

Panggil Stoner dong. Ito 

BACA JUGA

MotoGP 2016: Vinales From Suzuki Bintang Tes Australia

Proses Sirkuit Wales Gelar MotoGP 2017, Nggak Banyak Omong Dan Wacana

MotoGP 2016 Pasca Tes Australia: Rossi Memilih M1 Gado-Gado Dipakai Lomba Musim Ini

MotoGP 2016 Tes Australia Hari Ke-3: Marquez Bersama Motornya Mulai Membaik, Tapi Belum Puas

MotoGP 2016 Tes Australia: Hari Ke-3 Ditutup Marquez Tercepat, Rossi Ke-5

 

BAGIKAN