nhk

MotoGP 2016: Terbakarnya Mesin M1 Rossi, Point Di Catalunya Sangat Mahal

 

ManiakMotor – Berasap-asapnya mesin M1 Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, memang harus dibayar mahal. Alokasi mesin untuk 12 seri sisa, salah satunya. Salah duanya, khusus Rossi gagal mengubah prestasinya di Mugello yang terakhir kali juara 2008 di sana. Penampilannya di Mugello sebelum dirongrong mekanis mesin M1-nya, minimal podium. 

Jadinya point sangat mahal buat Rossi pergi  ke Catalunya, Barcelona, Spanyol untuk ronde 7 MotoGP tahun ini. Lomba yang akan berlangsung pada 5 Juni dan sesi latihannya sudah mulai 3 Juni 2016 itu, kudu pasang strategi matang, “Rasanya ingin segera ke Barcelona, untuk mengelola point yang banyak tertinggal akibat masalah teknik di Mugello,” papar Rossi usai motornya terbakar di Mugello, menandakan point menjadi krusial dan kalau perlu seri berikutnya langsung diputar saat itu juga.

Rossi memang yang paling menderita. Bukan hanya derita dan nestapa dikalahkan oleh mesinnya sendiri. Merah wajahnya lantaran terjadi di depan para pemujanya, M1-nya berasap seperti membalas asap kuning dari tribun penonton dilepas pendukungnya. Terlebih point yang dari kalkulasinya sudah ketinggalan satu setengah event dari Lorenzo, 37 point. Lalu satu event lebih sikit dari Marc Marquez atau 27 point. Sekali event juaranya 25 point.   

Para pengamat yang opininya boleh dipegang menyangkan Rossi nggak antisipasi lebih dulu. Kata mereka, harusnya Rossi mengganti atau menganalisa lebih dalam mesin, setelah melihat kasus Lorenzo di warm up. Atau paling tidak menyetel ulang mesin agar lebih aman di lomba. Macam dilakukan Lorenzo menurun sikit ganasnya M1-nya ketika lomba, agar durability-nya terjamin.

Seperti kata Rossi sendiri dia sangat menyangkan kejadian tersebut. Tak ada kata lain hanya berusaha mengejar point. Terutama mulai dikelola di Catalunya, sirkuit yang kata dia juga kompetitif buat dirinya. “Catalunya, salah satu sirkuit favorit saya selama bekarir di balap motor,” pungkas Rossi yang sudah enam kali juara di Catalunya dan tetap serius latihan dengan dirt track untuk tampil di sirkuit tersebut. 

Sampai saat ini Yamaha belum menjelaskan resmi engine blow-up tersebut. Selama MotoGP dengan mesin 4T, sudah empat kali M1 meleduk. Yakni, dialami  Jorge Lorenzo saat kualifikasi di Sachsenring, Jerman pada 2010. Terjadi pada  Ben Spies saat race Indianapolis, Amerika 2012. Lalu yang terjadi di Mugello tersebut. Ito

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: M1 Rossi-Lorenzo Lebih Aman, Honda Masih Soal Kruk As

MotoGP 2016; Michele Pirro Pemain Cadangan Produktif, Di Catalunya Gantikan Loris Baz

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Sial Mesin Meletus Dan Point Tertinggal, Fans Rossi Siap Bantu

MotoGP 2016: Tes Privat Suzuki Di Valencia, Geometri Rangka Untuk Traksi

     

BAGIKAN