nhk

MotoGP 2016: Terkuak! Dua Hal Ini Bikin Lorenzo Berlabuh ke Ducati

MotoGP, Lorenso, Ducati, Jamaha

ManiakMotor – Tentu banyak yang belum tahu apa penyebab Jorge Lorenzo hengkang dari Yamaha dan berlabuh ke Ducati. Kalo pun sudah tahu, mari cocokan atau sekadar menerka-nerka. Pembalap Spanyol itu cabut karena ‘ketakutan’ dan pelayanan Yamaha. Begitu sari dari tulisan panjang News Editor Motorsport Jamie Klein.

Dalam tulisannya Jamie menyebut peristiwa 2015 jadi titik awal juara dunia 3 kali pergi dari Yamaha yang telah  menghabiskan seluruh karirnya di kelas premier itu. Kita memang tahu, raihan gelar juara dunia ketiga Lorenzo (2015) tidak lepas dari bantuan Marc Marquez. Sampai-sampai Rossi harus bersikap ‘kasar’ terhadap pembalap Honda itu dan hubungan sama rekan setimnya pun sudah tidak harmonis.

Setelah peristiwa itu, tulis Jamie, Yamaha punya keinginan bahwa salah satu pembalap harus jalan meninggalkan Yamaha. Adapun yang dipertahankan produsen Jepang itu menukik ke arah Lorenzo.  Tentu dengan ketentuan, Lorenzo harus bersama untuk dua tahun kedepan. Artinya, Rossi harus cabut dan Lorenzo lebih awal menerima tawaran perpanjangan kontrak.

Dalam hal kontrak mengontrak, Yamaha acap melakukannya di balapan pembuka (Qatar). Itu memang dilakoni, namun di luar dugaan justru Rossi lebih dulu sudah mengamankan jok M1 untuk 2017. Itu dilakukan saat jelang kualifikasi motogp di Qatar sebagai pembukaan 2016. Tradisi ini pernah dijalankan ketika Rossi meninggalkan Honda dan gabung Yamaha pada 2004.

Kondisi ini tentu membuat Lorenzo kecewa sekaligus ketakutan. Terbukti bahwa Yamaha selalu fokus pada Rossi. Nah, dengan hubungannya yang sudah dingin sama Rossi, Lorenzo khawatir apa yang sudah dilakukan tidak dihiraukan. Bahkan saat balapan di Jerman, tim sampai salah pasang jenis ban membuatnya dua kali masuk pit. Ketika tiba di Argentina, beredar spekulasi bahwa Lorenzo sudah memutuskan untuk gabung sama Ducati. Rezki 

BAGIKAN