nhk

MotoGP 2016 Tes Losail: Melacak Motor Lincah Di Qatar, Rossi Paling Banyak Menang

ManiakMotor – Konsentrasi data yang digali dan langsung praktek adalah kendaraan yang mantep atas sampai bawah. Mekanik kita bilang, akselerasi awal kuat, tengah dapat dan tanpa menghilangkan top speed. Itu satu paket motor yang mudah menengok di tikungan lambat, anteng di tikungan cepat, dan kencang di trek lurus. Jurus pertamanya mudah masuk tikungan pertama.

Begitulah karakter sirkuit Losail di Qatar, jadi tempat tes pramusim MotoGP 2016 terakhir. Di sirkuit ini kombinasinya komplet seperti disebut di atas. Karena itu dipilih jadi tempat test untuk jadi representative dari 18 sirkuit tahun ini. Tes ini akan mulai hari ini atau Rabu 2 Maret 2016 di Indonesia jam 8 malam.

Losail nggak beda-beda amat sebenarnya dengan Sepang yang juga langganan untuk test. Perkiraan para peserta dan panitia, bila ketemu set-up di dua sirkuit ini akan ‘mudah’ motor menyesuaikan dengan sirkuit lain. Memang soal cuaca juga jadi pertimbangan sirkuit test, lantaran Asia di bulan-bulan sekarang dianggap panas.

Silakan lihat data-data rekor catatan waktu semuanya masih dipegang motor MotoGP 800 cc atau dicetak 2008. Best pole  dan fastest lap tercatat 1:53.957 atas nama Jorge Lorenzo saat pakai M1 2008. Sedang circuit record 1:55.153 atas nama Casey Stoner saat di Ducati pada 2008.

Bisa ditebaklah, power dan bodi yang lincah dibutuhkan di Losail seperti tipe motor 800 cc yang pasti lebih kecil dimensi rangka dan bodinya. Setelan seperti itu juga yang akan dicari dalam test ini. Padahal kalau dipikir-pikir Losail memiliki panjang lintaran 5.4 km dan trek lurus 1068 meter. Tapi itu tadi, treknya sudah terpotong oleh trek lurus lalu dibagi 16 tikungan yang 10 ke kanan dan 6 ke kiri.

Eiit… ingat Valentino Rossi dan Stoner dalam data yang paling banyak menang di sini, sama-sama 4 kali juara. Kalau banyak menang, berarti banyak juga dapat set-up yang tepat untuk Losaol seperti yang akan dilacak dalam tes ini. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016 Tes Losail: M1 Lorenzo-Rossi Dibekukan Di Salju, Dipanaskan Di Qatar

MotoGP 2016: Rossi Dan Yamaha Bikin Kontrak Lebih Cepat, Ikut ARRC Bro..???

MotoGP 2016: Bagus Di Tes Qatar, Sakses Pula Ronde Pertama Di Tempat Sama

MotoGP 2016 Tes Qatar: Tunggu Valentino Rossi Kembali Bilang Puas

MotoGP 2016 Tes Qatar; Gambaran Untuk Lomba Losail Seri Pertama

 

BAGIKAN