nhk

MotoGP 2016: Tes Privat Suzuki Di Valencia, Geometri Rangka Untuk Traksi

ManiakMotor – Bicara apapun rilis dari tim, tetap yang ditunggu hasil di sirkuit. Bukan begitu penonton? Silakan bilang itu oke, ini mantap, ono jempol dan sebagainya pada progress, tapi urutan di balap bisa di baca.

Macam tes privat dua hari yang dilakukan Suzuki di Valencia, Spanyol, semua yang diuji sesuai target. Suzuki muncul di Valencia pada 25 – 26 Mei 2016 dalam usaha mereka untuk menemukan set-up meningkat traksi dan grip pada Suzuki GSX-RR.“Ada keuntungan dari tes ini, kita perlu memperdalam efisiensi traksi dan perbaikan pada bagian lainnya,” sebut Maverick Viñales, joki Suzuki.

Demi traksi dan grip itu, Vinales dan Aleix disodorkan dua spek sasis. Pada kedua sasis tersebut memeiiki berbagai variasi geometri terhadap mesin. Maksudnya, konstruksi rangka sudah dihitung bersama tenaga, bobot dan ruang mesin.  Yang pasti untuk mendapatkan motor yang bisa menyalurkan tenaga penuh pada roda, tapi juga tetap enak menikung.

Banyak pola yang dikirim Suzuki untuk diuji bersama konfigurasi baru dalam pengembangan sasis, “Kami  coba beberapa perbaikan pada sasis dan semuanya positif. Kami juga banyak umpan balik yang akan berguna untuk ke depan menentukan jalur pengembangan. Soal mesin di bagian tertentu sudah sangat baik, seperti di tikungan cepat dan manuver lincahnya. Tetapi kurang di beberapa area untuk seimbangan,” tambah Vinales yang tahun depan ke Yamaha. 

Aleix Espargaro, rerekan setim Vinales lebih realistis bicara. Kayanya, Suzuki adalah tim yang sedang membangun, dengan tes ini tujuannya agar  cepat tumbuh ke level lebih tinggi. “Di test ini ada langkah maju. Tapi itu perlu diteliti lagi pada pada balap sebenarnya yang tercekat di Catalunya,” tutup Aleix dengan mimic senyumnya yang khas. MM

BACA JUGA

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Vinales Yakin Teknik Geber Yamaha, Sama Dengan Suzuki

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Valentino Rossi Devisit Point, Devisit Mesin Pula

MotoGP Catalunya 2016 Jelang: Pol Espargaro Ngambek Ke Satelit Ducati, Dapat Desmosedici ’17 Sama Dengan Lorenzo

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: M1 Rossi Jebol (Berasap), Putaran Mesin Lewati Limit, Konsumsi Udara Kotor

MotoGP Mugello 2016 Jelang Catalunya: Ducati Iannone Paling Laju Saat Balap

BAGIKAN