nhk

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari ke-1 Rossi Jatuh Bangun Jadi Kompetitif

ManiakMotor – Jatuh bangun usaha Valentino Rossi melacak setelan M1-nya. Di pertengahan sesi hari pertama tes di Losail, Qatar pada Rabu 2 Maret 2016 dia terjatuh pada tikungan ke-10. Jatuhnya saat kecepatan 70 km/jam. 

Tapi Rossi ndak apa-apa alias masih melanjutkan uji coba motornya sehingga posisi ketiga dengan catatan  1:55.894. Itu tertinggal sekitar  0.442 detik dari Jorge Lorenzo rekan setimnya di Movistar Yamaha yang tercepat. Usai jatuh langsung ganti motor yang set-upnya sama. Sebab uji coba kali ini sudah menggunakan metode lomba, ada motor cadangan siap pakai.

“Catatan 1’55 sekian-sekian sangat kompetitif setelah jatuh. Motor juga enak. Hanya kami bertiga yang dapat time segitu,” jelas Rossi yang tetap fokus pada motor yang mirip dengan edisi 2015. Itu seperti janjinya dari Philip Island akan melanjutkan pengembangannya pada motor tersebut sampai siap untuk lomba.    

Sah saja Rossi mengklaim catatan waktu tersebut, sebab nggak bisa dibantah. Kan ada data transponder yang memang begitu adanya. Hanya Rossi, Lorenzo dan Maverick Vinales (Suzuki) di hari pertama yang sanggup berlari  di bawah 1’56. Kecepatan tersebut dianggap konsisten pada 1’56 dan hanya sekali dapat 1’55.

Sudah pastilah, dalam tes ini setelan motor sudah diarahkan untuk set-up lomba. Kan seri pertama MotoGP 2016 berlangsung di Losail juga pada 20 Maret mendatang.  “Sejak awal motor sudah  dapat set-up dasarnya, tinggal dikembangkan lagi pada hari kedua dan ketiga. Hari pertama pendeknya kompetitif!” seru Rossi yang sebut-sebut nama Marc Marquez.

Rossi juga mengakui  Lorenzo  dan Vinales yang kuat di hari pertama. Keduanya seperti perangai mereka di Philip Island yang saat itu ada Marquez juga. Tapi katanya, Marquez kelihatannya lebih pelan dari mereka di hari pertama di Qatar. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Tes Qatar: Jelang Hari Kedua, Kesan Rossi Pada Catatan Waktu

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-1 Ditutup, Lorenzo Tercepat, Diikuti Vinales Dan Rossi

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari 1: 3 Jam Berlalu, Rossi-Marquez Berlomba Ke Depan, RC213V Pakai Sayap

MotoGP 2016 Tes Losail Hari Pertama: Setelah Dua Jam Sirkuit Baru Ramai

MotoGP Tes Losail: Motor Aprilia 2016 Benar-Benar Baru, Asli Buat MotoGP

BAGIKAN