nhk

MotoGP 2016 Tes Qatar: Jelang Hari Ke-3, Suzuki GSX-RR Vinales Tercepat, Belum Full SSG

ManiakMotor – Nggak ada waktu, masih sibuk mencari catatan tercepat sembari menentukan dua pilihan sasis. Asli, itu dikatakan Maverick Vinales yang membela Suzuki Ecstar. Motor GSX-RR yang digunakannya belum sempat coba seamless shift gearbox atau SSG yang komplet yang kemarin dijanjikan akan dipasang.

SSG yang digunakan membuatnya tercepat hari kedua test di Losail, Qatar pada Kamis di sana 3 Maret 2016, masih SSG yang aktif naik gigi saja. Yang aktif turun gigi agar mulus dan mesin tidak tersendat oleh reduksi percepatan di depan tikungan, belum jadi diuji. “Kami masih fokus pada sasis 2015 dan 2016 untuk verifikasi peningkatannya. Kemungkinan baru Jumat ini, full SSG akan dipakai,” tutur Vinales yang catatan tercepatnya pakai sasis 2015.

Bagi Vinales dan pasukannya, memilih dua sasis itu jelas lebih penting di hari kedua. Soalnya belulang atau rangka  tersebut menyodorkan pilihan yang sulit. Kemampuan kedua sasis sangat tipis kinerjanya. Memang yang 2015 bisa ringan di racing line, tapi kata agak liar. Sedangkan yang baru catatannya sudah mendakati yang lama dan punya grip yang dihasil lebih menyatu dengan aspal. Kalau grip bagus, kecepatan konstan juga bisa diperoleh. Binun pilih yang mana kan?

Toh dengan SSG yang ‘banci’ saja sudah tercepat kok, dengan 1:55.436. Macam mana kalau SSG komplet itu telah terpasang? Jelas lebih ganas. Bahaya tuh buat pabrikan Yamaha dan Honda.  Bahkan dengan SSG yang pincang itu dari akumulasi dua hari Vinales masih memimpin. “Juga fokus untuk set-up lomba di hari kedua. Jadi  ful seamless belum sempat coba. Jumat kami akan fokus pada simulasi lomba untuk mendeteksi konsisten tiap lap,” pungkas Vinales.

Sementara rekan setimnya Aleix Espargaro belum secemerlang Vinales. Mungkin saja bekas operasinya belum sembuh total. Aleix hanya ke-10 di hari kedua tersebut. “Cukup puas, namun belum terlalu ceria. Namun ini masih tes, posisi saat ini belum bencana,” kata Aleix. Ito  

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-2 Ditutup Vinales Bertahan, Rossi Ke-8

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke-2: 3 Jam Berlalu, Lorenzo Dibayangi Rossi, Marquez Jatuh

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke-2: Baru Keluar Paddock, Rossi-Lorenzo Enteng Dengan M1-nya

MotoGP 2016 Tes Qatar: Dua Jam Berlalu Sirkuit Masih Kosong, Manfaatkan Losail 

BAGIKAN