nhk

MotoGP 2016 Tes Qatar: Rossi Menghemat Ban Untuk Hari Ke-3

ManiakMotor – Hari pertama tes pukul catatan waktu sedekatnya dengan yang tercepat, kalau perlu tercepat juga. Itu untuk memupuk percaya diri sekaligus cari nama. Kan kalau bersaing apalagi tercepat jadi cerita di mana-mana. Hari kedua fokus yanga namanya ujicoba dengan aneka set-up. Hari ketiga tareeek lagi sampai batas limit.

Begitu tipikal Valentino Rossi dalam dua tes yang lalu, bisa jadi dipakai pula di tes kali ini. Coba dengar omongan Rossi soal hari kedua tes di Losail, Qatar pada 3 Maret 2016. “Banyak lap yang dilakukan. Catatan tercepat kurang fantastis, kalah dari hari pertama. Kenyataan memang nggak pernah mengejar waktu tercepat, lantaran menghemat ban untuk tes hari terakhir,” tutur Rossi.

Banyak lap itu artinya, banyak mencoba ini dan itu, tanpa fokus adu cepat. Sebab menurut The Doctor, dia dan pasukannya masih ragu sikit tentang setelan dasar M1. Ada perubahan kecil yang katanya harus diputuskan. Sayang tak dijelaskan hal kecil tersebut. Hanya cerita akan coba set-up berbeda pada elektronik, reaksi mesin saat dibuka,  juga kinerja suspensi depan dan belakang.

Itu dia tanda hari kedua dipakai penuh untuk set-up. Kira-kira begitu bro. Sedang menghemat ban, tentu untuk betot habis di hari ketiga atau terakhir. Pastilah untuk mensejajarkan dengan lawan-lawannya di papan atas. “Saya memang menyimpan energi untuk hari terakhir. Karena saat yang sama akan melakukan lap berturut-turut sekitar 10 – 15 lap,” kata Rossi yang maksudnya akan melakukan simulasi. 

Btw harus teh tarik  eh tertarik juga soal catatan Rossi. Dia hanya ke-8 dengan 1:55.947 atau lebih lambat 0.054 detik dari hari pertama. Berati juga belum melewati saat tes yang sama tahun lalu dengan 1’5.5 sekian-sekian.  Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Tes Qatar: Jelang Hari Ke-3, Suzuki GSX-RR Vinales Tercepat, Belum Full SSG

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-2 Ditutup Vinales Bertahan, Rossi Ke-8

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke-2: 4 Jam Berlalu Boleh Juga Vinales, Lewati Lorenzo, Ditempel Iannone

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari Ke-2: 3 Jam Berlalu, Lorenzo Dibayangi Rossi, Marquez Jatuh

BAGIKAN