nhk

MotoGP 2016 Tes Qatar: Vinales Ke-2 Hari Ke-1, Dua Sasis GSX-RR Menggoda

ManiakMotor – Gonta-ganti sasis lama dan baru yang diuji Maverick Viñales di hari pertama tes pramusim MotoGP 2016. Kedua sasisnya dianggap bagus di sirkuit Losail, Qatar pada 2 Maret 2016. Tapi yang membuatnya kedua di belakangan Jorge Lorenzo, Suzuki GSX-RR-nya pakai sasis lama yang ringan manuvernya. 

Frame baru pergerakannya di racing line masih berat. Pasukan Suzuki ngotot masih memasukan dua pilihan sasis, karena masukan Vinales sendiri. Kata Vinales sasis baru punya grip yang lebih bagus. “Sasis baru rada berat mengikuti jalur, tapi bikin percaya diri karena gripnya. Sedang sasis lama ringan pergerakannya pada jalur. Juga cepat, makanya saya dapat catatan 1’55 itu dengan sasis lama,” sebut Vinales pada rangka versi 2015 dan 2016.

Tepatnya dia mencetak 1:55.880 yang hanya kalah dari Lorenzo 0.428 detik dan meninggalkan Valentino Rossi 0.014 detik. Garis besarnya juga dianggap konstan karena sering berlari pada 1’56 dari kedua sasis yang dicoba. Makanya belum fokus pada satu sasis, karena sasis baru juga memberi harapan yang bukan php.

Menurut Vinales masih banyak ruang untuk pengembangan, terutama dari elektroniknya dan sasis. “Itu sasis baru akan diusahakan sama entengnya dengan yang lama lewat pelacakan set-upnya,” tambah Vinales sembari berbisik catatan tercepatnya menjadi modal Suzuki semangat bekerja keras.   

Hati-hati loh  yang lain, Suzuki GSX-RR  ini masih menggunakan SSG atau reduksi tanpa jeda yang naik gigi saja. Hari ini atau Kamis pada 3 Maret 2016, Suzuki akan menguji full SSG yang baru saja mereka racik. Lihat saja nanti macam apa? Ya, bukan hanya sasis atau SSG yang bikin Suzuki melejit, tetapi mesin di tangan Vinales sudah bertenaga. Ito

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Losail Qatar, 2, 3, 4 Maret 2016

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari ke-1 Rossi Jatuh Bangun Jadi Kompetitif

MotoGP 2016 Tes Qatar: Hari Ke-1 Ditutup, Lorenzo Tercepat, Diikuti Vinales Dan Rossi

MotoGP 2016 Tes Losail Hari 1: 4 Jam Berlalu, Posisi Masih Gantian, Rossi Jatuh

MotoGP 2016 Tes Qatar Hari 1: 3 Jam Berlalu, Rossi-Marquez Berlomba Ke Depan, RC213V Pakai Sayap

BAGIKAN