nhk

MotoGP 2016 Tes Sepang: Horor Pada Ban Lunak Michelin, Meledak Dan Terbelah Dua

 

 

ManiakMotor – Memang ngeri. Itu kalau melihat bentuk pecahannya yang bukan ban vulkanisir, tapi  ban tipe soft Michelin pada Ducati yang dikebut Loris Baz. Itu karet hitam terbelah dua. Makin bikin horor, di hari kedua test pramusim di Sepang, Malaysia pada Selasa 2 Februari tersebut, semua ban tipe lunak ditarik Michelin dari semua peserta. Berarti memang nggak aman.

Cerita Baz yang membela Avintia Racing tersebut, kejadian tidak berlangsung  tiba-tiba. Tapi ada gejala aneh yang disusul ledakan. Lalu, motornya tiba-tiba sulit dikendalikan dan dia terpelanting pada kecepatan 290 km/jam. “Kejadiannya di trek lurus usai melewati garis start. Untung saya nggak apa-apa,” kata pembalap Prancis tersebut.

Masih kata Baz, untung dia masih antisipasi dengan menarik tuas kopling dan sedikit wasapada.  “Saya beruntung lolos dari maut dengan kecepatan tersebut, awal kejadian mulai terasa ketika memasuki tikungan terakhir. Perkiraan saya itu berasal dari gearbox,” tambah  pembalap berusia 23 tahun ini.

Dari kejadian itu, Michelin belum memberi komentar resmi. Kenapa  itu ban bisa meletus dan terbalah dua, persis di tengahnya? Apakah benangnya kurang kuat? Yang pasti masih diselidiki. Akibat dari ini, hari ketiga testing para peserta menggunakan ban keras. Padahal itu ban dipakai untuk full power, karena tipe lembut lebih dapat grip.

Salah satu yang diuntungkan oleh ban lunak adalah Danilo Petrucci. Petrucci di hari kedua memimpin tercepat dan dari akumulasi  tiga hari test dia kedua. Termasuk Hector Barbera yang teman setim Baz yang dari akumulasi juga posisi ketiga. Eh ngomong-ngomong pakai karet apa tuh bisa terbelah dan kompon luarnya hilang semua.  MM

BACA JUGA

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016 Test Sepang: M1 Rossi Masih Bisa Lebih Kencang (Lagi)

MotoGP 2016 Test Sepang: Lorenzo, Tak Perlu Banyak Omong, Catatan Waktu Buktinya

MotoGP 2016 Test Sepang: Hari Ke-3 Ditutup Lorenzo Dengan 1:59.580, Ditempel Rossi

MotoGP 2016 Test Sepang Hari Ke-3: Waw Jelang 1 Jam Sesi Ditutup, Yamaha Terdepan Di Bawah 2 Menit

 

 

 

 

BAGIKAN