nhk

MotoGP 2016 Tes Sepang: Inginnya Marquez Tercepat, Apa Daya RC213V Belum Mampu, Dikalahkan Rossi!

 

ManiakMotor – Dalam hati Marc Marquez ingin mengalahkan catatan tercepat test Sepang yang dipegang Yamaha. Siapa yang tak kenal Marquez yang nggak mau kalah dan nekat dengan skill tingginya di MotoGP. Dia juga dikenal egois untuk melahap semua sesi. Apa daya motor belum mampu. Disebut belum, karena ini masi test, masih ada test-test lanjutan.

Kelihatan sekali dalam tiga hari test di Sepang dari 1 – 3 Februari 2016, setiap kali masuk pit, dia melaporkan keadaan motornya di sirkuit. Dari gerak tubuhnya itu motor sering tegak kembali dari tidurnya ketika masih dalam area menikung. Pada posisi begitu ora wani menambah gasnya. Itu juga ada buktinya dari tayangan televisi, Marquez sering mengoreksi RC213V-nya  dalam posisi miring. Maksudnya nggak bisa sekali masuk seperti gayanya menikung.

Seperti kata rilis HRC untuk test hari terkahir, pastilah baik-baik saja, bahkan disebut ada progress. “Hari terakhir ada peningkatan, setiap hari ada improve. Lewat kerja keras sudah ditemukan arah setup Michelin dan elektronik bersama motornya. Tapi hasil di Sepang ini masih jauh dari tempat yang sebenarnya. Sejujurnya ingin sih lebih baik,” kata Marquez yang saat test privat di Jerez memohon dibuatkan mesin yang lebih beradap terhadap Michelin dan elektronik baru.

Sebagai contoh saja soal konsisten di hari kedua uji coba, dia hanya empat kali dapat 2 menit 1 detik. Bandingkan saja dengan musuh bebuyutannya si Valentino Rossi ada 11 kali dapat catatan seperti itu. Gimana nih, masih dikalahkan Rossi, hehe. Di hari ketiga Jorge Lorenzo empat kali dapat di bawah 2 menit dan penulis udah malas menghitung yang  di bawah 2 menit 1 detik, Marquez hanya dua kali dapat di bawah 2 menit 1 detik, kendati lapnya lebih banyak. Catatan terbaiknya di hari ketiga adalah 2:00.883 yang membuatnya ketiga dan kalah dari dua Yamaha. Posisi akumulasi dia kelima.     

Kalau dengan Lorenzo sih tertinggal 1 detik lebih. Kesimpulannya dari omongan Marquez sendiri, bahwa masih jauh dari posisi  nama besar Marguez dan Honda.  Apalagi Dani Pedrosa yang tadinya diharapkan subangsih pengalamannya namun tak berkutik. Maklum Pedrosa sempat merasakan Michelin sebelum ban Prancis itu mundur.

Masih test sih, belum fakta sesungguhnya. Yang sesungguhnya itu saat balapan benaran yang seri pertamanya dimulai di Qatar pada Maret mendatang. Namun kalau ukuran pekerjaan, tentu Honda masih menumpuk, seperti Marquez di Sepang masih sibuk mencari motor enak ketimbang membuat time tercepat. Beda dengan lawannya sudah gila-gilaan di Sepang. Ya Marquez juga dikenal ‘gila’ cara bawanya, namun akan mikir juga bila motor ndak sanggup. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016 Tes Sepang: Horor Pada Ban Lunak Michelin, Meledak Dan Terbelah Dua

MotoGP 2016 Test Sepang: M1 Rossi Masih Bisa Lebih Kencang (Lagi)

MotoGP 2016 Test Sepang: Lorenzo, Tak Perlu Banyak Omong, Catatan Waktu Buktinya

MotoGP 2016 Test Sepang: Hari Ke-3 Ditutup Lorenzo Dengan 1:59.580, Ditempel Rossi

 

BAGIKAN