nhk

MotoGP 2016 Test Pramusim Valencia: Cerita Viñales Sangat Skill, Penantang Juara Dunia Ke Depan

 

ManiakMotor – Ngomongnya saja sudah sangat skill. Katanya, pakai ban Michelin ketika masuk sekalian saat menikung, pembalap harus membantu perubahan bobot kle depan. Badan dan kepala harus ikut jadi beban untuk wilayah depan paling ujung atau front-end. Barulah ban baru MotoGP untuk 2016 itu, bisa menahan inersia atau epek luncur motor di tikungan.

Itu yang  diceritakan  Maverick Viñales from Suzuki dalam dua hari test pramusim di Valencia pada 10 -11 November 2015. Jika tidak begitu, akan sulit mendapat grip, khususnya depan. “Saya jatuh karena itu. Tapi belakangan saya dapat caranya dengan menggeser badan lebih ke depan untuk menampah bobot pada front-end. Grip ban depan jadi lebih besar,” jelas Vinales yang sebagai Rookie of the Year MotoGP 2015.

Dari cara bicaranya, dia mulai paham betul soal riding style dan setting motor. Otaknya jalan saat dua hari di Valencia yang diakuinya memang hanya menguji Michelin. Katanya,  itu ban  baru buat dirinya. Soal elektronik 2016 bukan baru buatnya, karena Suzuki sudah menggunakan lebih dulu. Status Suzuki sebagai tim Factory2 seperti halnya Ducati dan Aprilia telah menggunakan elektronik wajib dipakai 2016 nanti.

Viñales masih menambah cerita selain gaya untuk membantu grip depan, katanya harus diikuti setelan GSX-RR. Yang ia sebutkan pada set-up geometri. Geometri  memang ada pada rangka yang ada hubungannya dengan radius membelok. Kira-kira begitulah bro, karena nggak disebut  detil oleh Vinales. Dia hanya bilang geometri.

Yang jelas dalam dua hari dengan spek elektronik yang merata, Vinales adalah calon ke depan. Dia salah satu joki yang gonta-ganti tercepat saat test. Bila terus begitu, dia kandidat yang boleh dipandang. Vinales di akhir testing bisa posisi kedua yang hanya kalah 0.103 detik dari Marc Marquez yang tercepat. Ito

BACA JUGA

MotoGP Jelang 2016: Rayakan Kemenangan di Mallorca, Lorenzo Luka Bakar

Hasil Test Pramusim MotoGP 2016 Valencia, Spanyol, 10 – 11 November 2015

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Yamaha Masih Harus Beres-Beres

MotoGP Tes Pramusim Valencia 2016: Pisah Dengan Honda, Stoner Balik ke Ducati

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Waspadai Suzuki, Sementara Pedrosa Tercepat

MotoGP Test Pramusim Valencia 2016: Marquez Julurkan Tangan, Siap Damai Dengan Rossi

BAGIKAN