nhk

MotoGP 2016: Test Privat Suzuki Di Austin, Viñales Menyesal

ManiakMotor – Tim Suzuki Ecstar belum langsung pulang ke rumah masing-masing. Mereka masih tinggal di sirkuit Austin, Amerika melakukan tes privat. Tepatnya pada Senin 11 April di sana. Pembalapnya  Maverick Viñales dan Aleix Espargaro membandingkan sasis 2015 dan 2016.

Hasilnya Viñales ‘menyesal’ setelah mengendarai Suzuki GSX-RR lebih tenang di sirkuit di Amerika itu. “Ternyata di Austin ini sasis 2016 lebih bagus. Saya hampir ‘bunuh diri’ karena saat lomba malah pakai versi lama yang sudah tiga lomba digunakan. Tapi itu normal, karena nggak ada waktu khusus membandingkannya,” kata Vinales dalam tanda petik soal bunuh dirinya.  

Sebab menurut pengakuan Vinales dia jauh lebih cepat dari pada semua sesi lomba di Austin. Kendati Suzuki tidak mengumumkan catatan waktu dalam tes tersebut. Sebagai gambaran catatan tercepat Vinales adalah  2’04.247. Berarti bisa 2’03 tuh. Di lomba Vinales finish ke-4.  Sedang Aleix Espargaro ke-5.

Klaim Vinales juga bukan sekadar cepat sesaat, namun konsisten dengan sasis 2016 di Austin. Intinya lebih luwes sasis baru ketemu sirkuit macam Austin buat Vinales. “Sejak awal balap pakai sasis 2015. Kedua sasis yang diuji memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang penting dengan test ini bisa membedakan lebih detil,” timpal Aleix.

Selain uji sasis dengan berbagai variasi set-up tersebut, juga mendalami kinerja elektronik. Kedua pembalap tersebut memberikan umpan balik pada departemen racing Suzuki di Jepang untuk mengup-dete pada lomba selanjutnya. Nah, seri 4-nya akan berlangsung di Jerez, Spanyol pada 24 April 2016. Balap sudah masuk Eropa lagi. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2016, Moto2 2016, Moto3 2016

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Adegan Paling Membahagiakan Dari Pedrosa Dan Dovizioso

MotoGP 2016: Tudingan Lorenzo, M1 Rossi Tiru Hitungan Gigi Rasio M1-nya, Apa Benar?

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Dalam Situasi Sulit, Nilai 20 Point Penting Buat Lorenzo

MotoGP Austin 2016 Pasca Race: Marquez ‘Bertentangan’ Dengan Mekaniknya

BAGIKAN