nhk

MotoGP 2016 Test Sepang: Catatan 2’02.1 Dengan Ducati GP15 Bikin Kaget Casey Stoner

ManiakMotor – Memang nggak ada pembanding catatan Casey Stoner saat kembali lagi pegang Ducati di test pribadi di Sepang, Malaysia 30 Januari 2016. Disebut begitu, lantaran Stoner menggunakan Desmosedici yang menggunakan aturan baru 2016. Motor dia punya orang pakai ban Michelin dan ECU seragam dengan berbagai aturan bawaannya.

Tidak ada yang bilang lumayan catatan 2’02.1 tercepatnya di Sepang itu, kecuali portal dan Stoner sendirii, hehe. Masih beda tiga detik dari catatan tercepat menggunakan aturan lama yang  1 menit 59.053 detik oleh Dani Pedrosa yang didapat saat aspal Sepang sedang bersenyawa dengan karet Bridgeston, karena diperoleh pada Q1 tahun lalu. Diukur catatan rata-rata saat lomba di Sepang 2 menit 1.5 detik, sebenarnya hanya terpaut 0.5 detik. Diprediksi juga beda dengan aturan lama dan baru antara 0,5 detik sampai 1 detik untuk semua peserta.

Stoner yang pernaj juara dengan Ducati 2007 itu melakukannya yang yakin kondisinya pas-pasan. Aspal kurang dilengketi oleh sisa kompon dari peserta, karena yang testing kali ini hanya Stoner dan Michele Pirro. Sudah gitu, Stoner telah lima tahun lebih nggak pernah naik Ducati. Tiga tahun nggak ikut kompetisi secara penuh. “Dan setahun lebih nggak naik motor MotoGP. Saya butuh waktu untuk kembali pada tingkat kompetitif,” jelas Stoner yang pada Sabtu kemarin melahap 54 lap dengan GP15 saat  panas lintasan 40°C.

Secara umum menurut Stoner dengan kondisi demikian catatan itu sudah sangat lumayan. Malah dia terkaget-kaget langsung dapat time di atas. “Hari pertama ini langsung  dapat feeling yang baik. Lebih cepat dari yang saya harapkan. Ducati punya potensi yang besar ke depan. Minggu 31 Januari ini catatannya akan saya perbaki,” janji Stoner sembari memuji para kru Ducati yang memperlakukannya istimewa dalam latihan tersebut.

Intinya Stoner yang muncul dengan helm langganannya Nolan dengan nomor start keramatnya 27, hanya bilang usahanya yang palinng utama memberi masukan pada para insiyur Ducati yang dipimpin Gigi Dall’Igna. Itu demi dua pembalap intinya duet Andrea. Pembalap Asutralia ini memang belum difokuskan menguji hal tertentu di Sepang, dibanding tester lainnya si Pirro yang mengetes kelistrikan dan ban pada GP16. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2016: Test Sepang Kali Ini Beda, Yang Tercepat Dan Konsisten, Sudah Unggul Sikit Pada Pengembangan

MotoGP 2016: Menuju Test Sepang Propaganda Rossi Vs Marquez Lewat Moto-X

MotoGP 2016: Ducati GP16 Tes Estapet Di Sepang, Diawali Pirro, Stoner Dan Duet Andrea

MotoGP 2017 Di Sentul Gagal, Ya Sabar Aja, Omongan Rossi Belum Ngaruh

Bagaimana Pemerintah Dan Sentul? Rossi Ingin Segera MotoGP di Indonesia, Pasarnya Sangat Layak

BAGIKAN