nhk

MotoGP 2016 Test Sepang: Hari Kedua Duet M1 Lorenzo-Rossi Paling Konsisten 2 Menit 1 Detik

ManiakMotor – Dari semua kontestan, duet Yamaha yang paling konstan kecepatannya di hari kedua test resmi Sepang, Malaysia pada 2 Februari 2016. Walau tak 1 – 2 seperti kemarin, tapi catatan masing-masing meningkat pada hari Selasa ini. Tanda M1 mereka lebih nyaman mengarungi Sepang.

 Disebut konstan itu, setiap keluar pit line catatan waktunya nggak keriting, tapi rata bermain tak jauh dari catatan tercepat mereka. Sebagai gambaran dengan aturan lama catatan rata-rata Sepang bermain 2 menit sampai 1 detik koma kecil.  Kalau aturan sekarang atau 2016 dengan ban Michelin dan ECU bru paling molor pada 2 menit 1 detik koma gede. Asumsinya kan lebih lambat 0.5 detik lebih sikit.

Dan pasti catatan rata-rata yang dicari dalam testing, itu salah satu menendeteksi motor muali ketemu setingannya. “Setelah kecelakan dialami Loris Baz, saya nggak bisa pakai ban lembut lagi karena ban itu masih diperiksa Michelin. Bendera merah juga kelamaan menghentikan sesi test.  Cuaca terlalu panas. Ditambah lagi saya sendiri jatuh. Tapi sore bisa pakai  ban lebih lembut lagi dan bisa lebih cepat dari catatan hari pertama,” sebut Lorenzo yang mencetak 2:00.155 atau lebih lambat 0.60 detik dari yang tercepat dan membuatnya kedua.   

Kembali lagi pada konsisten Lorenzo yang di hari kedua ini menguji dua unit M1. Dari 32 lap yang ia lakukan ada  9 kali Lorenzo mencetak 2 menit 1 detik koma kecil. Lalu ada tiga kali mencetak di bawah 2 menit 1 detik dan salah satunya atau lap ke-31 membuatnya kedua. Kemarin atau hari pertama Lorenzo tercepat dengan 2:00.684.

Lalu bandingkan dengan para pesaing. Posisi tercepat saja dipegang Danilo Petrucci dari Pramac Ducati yang bikin 44 lap, hanya dua kali dapat di bawah 2 menit 1 detik. Petrucci nggak pernah dapat 2 menit 1 detik, tapi malah kebanyakan 2 menit 2 detik ke atas. Atau Marc Marquez yang keempat, hanya sekali dapat di bawah 2 menit 1 detik atau tepatanya  2:00.843. Marquez juga hanya empat kali dapat 2 menit 1 detik sekian-sekian dari  52 lap.

Valentino Rossi juga sama dengan Lorenzo konstannya. Memang tak mendapat di bawah 2 menit 1 detik. Tetapi dari 54 lap yang ia lakukan, ada 11 kali doski berlari 2 menit 1 detik koma kecil. Waw… Lalu selebihnya 2 menit 2 detik bersih. “Hari yang baik. Awalnya sulit, banyak agenda yang harus dilakukan. Puas set-up pada motor banyak peningkatan. Lap terbaik maju signifikan,” jelas Rossi yang mencetak 2:01.021 dan membuatnya ke-6. Sebagai pembanding hari pertama Rossi tercepatnya adalah 2:01.717.

Memang hanya ke-6, tapi sudah dijelaskan tadi soal konsistennya. “Kami memperoleh banyak data baru, ini  penting untuk menuntun arah pengembangan. Ini juga memastikan akan banyak hal yang harus dilakukan. Saya coba kombinasi ban pada sore, ada beberapa yang oke, ada juga yang buruk, tapi saya pikir Michelin telah melakukan pekerjaan yang baik,” kata Rossi menjelaskan.

Hari kedua ini Rossi mengaku pakai model M1 2016 yang karakternya mirip dengan 2015. Hari Rabu atau hari terakhir testing, katanya dia akan coba keduanya. Kan kemarin dia bilang ada lagi satu M1 2016 benar-benar beda dari edisi 2015. Ya iyalah, kan beda regulasi bro, hehe. “Mungkin juga akan coba motor berbeda lagi di trek lain, seperti Phillip Island, dan setelah itu diputuskan mana yang terbaik,” pungkas Rossi.

Begitulah cara bikin konsisten saban lap. Nah bisa dilihat lagi hari terakhir testing yang biasanya akan diakhir simulasi. Di situ kian muncul siapa yang paling konsisten? Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016 Tes Sepang: Hari Ke-2 Ditutup, Petrucci Jadi Jagoan, Lorenzo Cukup Kedua..!!

MotoGP 2016 Test Sepang Hari Ke-2: Usai Makan Siang Lorenzo Kecelakaan

MotoGP 2016 Tes Sepang Hari Ke-2: Jelang Makan Siang, Susah Melewati Ducati Petrucci???

MotoGP 2016 Tes Sepang: Hari Ke-2 Satu Jam Awal, Ada Stoner, Rossi Belum Muncul, Ducati Nyaris Di Bawah 2 Menit

 

BAGIKAN