nhk

MotoGP 2016: Test Sepang Kali Ini Beda, Yang Tercepat Dan Konsisten, Sudah Unggul Sikit Pada Pengembangan

 

ManiakMotor – Tercepat dalam tiga hari test Sepang, itu sama dengan unggul sikit dari musuh untuk ke depan. Makin unggul banyak bila parameternya kencang saban lap yang  boleh ditelusuri dari data setiap melakukan pit out. Bisa dianalisa juga dari hari terakhir biasanya dipakai simulasi untuk melihat konsistensi kecepatan setiap lap yang dibutuhkan buat lomba. Tenang, karena test resmi, MotoGP.Com menguluarkan data kecepatan setiap pembalap dalam tiga hari testing.

Disebut begitu, karena test pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia yang berlangsung 1 – 3 Februari 2016 berbeda dari tahun lalu. Tahun lalu, peserta dan tim tinggal meneruskan yang sebelumnya dengan regulasi yang sama. Tahun ini ada ban dan ECU baru yang mengubah karakter motor. Berarti mulai dari awal dan di Sepang ini pendalaman dari test pertama di Valencia yang saat itu katanya masih meraba-raba, khususnya Yamaha. Yamaha tidak ikut test pribadi seperti Honda, Ducati dan Aprilia di Jerez, sedang Suzuki di Sepang usai dari Valencia, tahun lalu.

Dari omongan para pelaku, maksudnya pembalap, mereka belum berani sesumbar ini dan itu. Mereka datang ke Sepang untuk pengetesan inpunt yang didapat di Valencia. Di luar Yamaha, seperti Honda katanya harus bikin ulang mesin yang kelewat kasar tarikannya di bawah, tapi nggak seagresif halus ketika pakai ECU bawaan tahun lalu. “Wheelie terlalu banyak muncul dengan mesin 2016 dan ECU-nya, sulit konsisten setiap lap,” jelas Marquez saat test privat Jerez, maka diisukan masih memakai modifikasi RC213V 2015 yang disesuaikan dengan aturan baru 2016 ketimbang membawa mesin anyar 2016 ke Sepang ini. Itu hanya isu!!!

Apalagi dengan pasukan Yamaha, saat peluncuran M1 2016 baru lalu, mereka sama sekali tak bicara performa M1 2016. Itu tadi, selain ‘melepas’ test pribadi, juga muncul di Valencia si Lorenzo masih eforia juara dunia. Sedang Rossi masih merenung gagal juara dengan berbagai persoalan. Malah katanya di Valencia itu dia nggak serius. Makanya mereka hanya berharap segera beradaptasi dengan aturan baru. Bahkan Lorenzo bilang begini. “Maunya sih para insisnyur Yamaha di pabrik Jepang sana, lekas menemukan cara kerja elektronik baru bisa dekat dengan yang lama pada M1 2016,” kata Lorenzo.   

Justru seperti Ducati dan Suzuki yang bisa saja melejit di tes Sepang di saat Yamaha dan Honda masing linglung. Apalagi Ducati yang sebelumnya telah beradaptasi dengan ECU Magneti Marelli sebagai standar elektronik tahun ini. Boleh kelihatan juga saat test privat di Jerez lewat pembalap baru Ducati, Scott Redding. Itu pun baru Ducati GP15 milik satelit Pramac pula.

Hanya saja, test privat itu di Jerez itu data-data kecepatannya minim, karena nggak ada timing system yang resmi. Kali ini ada, di Sepang. Eit sodara-sodara ini hanya test yang berbeda dengan lomba benaran semua unsur mental dibutuhkan. Pengecualian pada Rossi yang saat test begini belum mengumbar nafsunya. Itu tadi, Rossi lebih butuh konsistensi saban lap. Tapi kalau sudah kencang ditambah konsisten artinya sudah unggul sikit dalam penyesuaian bersama pengembangan ban dan ECU. Ayo ditunggu. Ito   

BACA JUGA

MotoGP 2016: Menuju Test Sepang Propaganda Rossi Vs Marquez Lewat Moto-X

MotoGP 2016: Ducati GP16 Tes Estapet Di Sepang, Diawali Pirro, Stoner Dan Duet Andrea

MotoGP 2017 Di Sentul Gagal, Ya Sabar Aja, Omongan Rossi Belum Ngaruh

Bagaimana Pemerintah Dan Sentul? Rossi Ingin Segera MotoGP di Indonesia, Pasarnya Sangat Layak

MotoGP 2016: Serangan Phil Read Soal Mafia Spanyol, Ditanggapi Dorna

BAGIKAN