nhk

MotoGP 2016 Test Sepang: M1 Rossi Masih Bisa Lebih Kencang (Lagi)

ManiakMotor – Kenal Valentino Rossi kan? Ya pastilah!  Tahu kan kalau dia nggak suka akan bilang yang sebenarnya. Kalau oke dia akan angkat jempol sembari ngomong memuji-muji. Macam test di Sepang yang berlangsung tiga hari ini. Dia kasih jempol pada dua M1-nya. Kecuali satu, yakni soal winglets, kalau dia nggak suka, ya nggak suka lantaran nggak ada ngaruhnya tuh sayap.

Sebab yang dia cari di test ini, ya mengembangkan M1 baru yang pas dengan aturan baru, terutama ban dan elektronik agar cepat kepegang. Teknologinya kepegang oleh mekaniknya dan motgornya kehandling olehnya.  “Kru dan saya telah melakukan langkah-langkah yang tepat untuk pekerjaan pada elektronik dan ban. Coba setel motor dari banyak sudut yang berbeda. Hasilnya memberikan beberapa data informasi cara meningkatkan kinerja motor selanjutnya.  Catatan  saya  2’00.556 masih bisa digeber di atasnya. Tapi cukup, karena posisi kedua  tidak buruk,” jelas Rossi yang artinya, feelingnya masih bisa menyuntik kecepatan motor. Ya bisa saja dari dirinya sendiri yang mengerem sendiri, ketimbang terjengkan.  

Dari akumulasi tiga hari test, Rossi  berada di posisi ke-4. Tentu saja kalai dari Jorge Lorenzo, rekan setimnya, juga dari Danilo Petrucci dan Hector Barbera. Tapi tahu sendiri Rossi nggak peduli soal posisi. Baginya, motor yang enak dan konsisten pada kecepatan yang dibutuhkan saat lomba benaran, sebab di situlah penentuan siapa yang berhasil menyetel motor. Kalau latihan mah, balap dewek-dewek.

Di hari ketiga ini, Rossi delapan kali mencetak 2 menit 1 detik dan 2 menit sekian-sekian ada tiga kali dari 38 lap. Ada 14 lap yang gagal alias nggak masuk hitungan. Selebihnya bermain 2 menit 2 detik sekian-sekian.   

Rossi mengakui belum bisa menentukan motor yang mana yang akan dikembangkan. Dia membawa dua M1 yang masih mirip dengan versi tahun lalu dan M1 benar-benar baru edisi 2016.  “Dua versi inilah  menyisakan tanda tanya.  Ini akan diperdalam di test Phillip Island, karena yang baru itu tidak begitu buruk di akhir sesi,” pungkas Rossi memberi teka-teki juga.

Tinggal pilih Doc. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Test Sepang, Malaysia 1 – 3 Februari 2016

MotoGP 2016 Test Sepang: Lorenzo, Tak Perlu Banyak Omong, Catatan Waktu Buktinya

MotoGP 2016 Test Sepang: Hari Ke-3 Ditutup Lorenzo Dengan 1:59.580, Ditempel Rossi

MotoGP 2016 Test Sepang Hari Ke-3: Waw Jelang 1 Jam Sesi Ditutup, Yamaha Terdepan Di Bawah 2 Menit

Drag Bike 2016 Jepara; FU Samodro VS FU Sidoarjo, Lintasan Basah, Rekor 7.1 Detik Hampir Lewat

BAGIKAN